19 Wisata Kuliner di Jakarta yang Sering Dikunjungi Wisatawan

19 Wisata Kuliner di Jakarta yang Sering Dikunjungi Wisatawan, Banyak yang bilang bahwa terdapat banyak tempat wisata kuliner di Jakarta, berkata bahwa mencari tempat wisata kuliner di Jakarta bukanlah hal yang sulit, mencari tempat wisata kuliner di Jakarta adalah semudah membalikkan telapak tangan.

Hal ini bukanlah sekedar omong kosong belaka, bukan juga sekedar angin berlalu. Namun, semua itu benar adanya, jangankan masakan kuliner asli Jakarta, kuliner dari berbagai daerah di Indonesia pun bisa dengan mudah sekali didapatkan di Ibukota negara ini.

Dibalik hiruk piluk kota terbesar di Indonesia yang tak pernah lepas dari sorotan publik dan media, Jakarta menyimpan sejuta pesona. Salah satunya adalah wisata kuliner yang turut pula ikut mengdongkrak pertumbuhan sektor pariwisata Ibukota.

Ketersediaan berbagai tempat wisata di Jakarta adalah suatu bukti bahwa Jakarta masih merupakan tujuan wisata di tanah air. Beberapa destinasi menarik, seperti Monas, TMII, Ancol Dreamland, Pulau Seribu, hingga Dufan adalah sebagian kecil dari ratusan tempat wisata di ibukota yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Secara tidak langsung, berkembangnya sektor pariwisata tersebut berdampak positif pada perkembangan wisata kuliner Jakarta. Dari restoran, cafe, warung lesehan, hingga sejumlah rumah makan berdiri di mana-mana seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Wisata Kuliner di Jakarta

Tempat makan enak memang tidak selalu berhubungan dengan destinasi atau landmark tertentu, meski bisa saja keduanya saling berkaitan. Berbicara tentang tempat makan enak di Jakarta, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata kuliner yang populer menurut warga Jakarta atau mereka yang pernah berkunjung ke Jakarta.

1. Restoran Jemahdi Seafood

Perburuan tempat makan enak di Jakarta kali ini kita mulai dari Restoran Jemadi Seafood. Dari namanya, jelas restoran ini menawarkan jenis makanan laut. Hal menarik dari tempat ini mungkin tidak hanya dari menu yang ditawarkan, tapi juga dari konsep restoran yang didesain nyaman dan family friendly.

Semua makanan yang tersaji di Restoran Jemadi Seafood dimasak oleh chief yang berpengalaman mengolah makanan laut. Citarasa makanan di tempat ini sangat menggoda, namun masalah harga masih bisa ditolelir alias cukup murah. Bagi yang ingin makan enak dengan menu seafood, Anda dapat datang ke Restoran Jemadi Seafood di kawasan Pluit dan Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Restoran Jemahdi Seafood
Alamat Restoran Jemahdi Seafood: Jl. Pluit Timur No. 24, Pluit, Jakarta Utara

2. Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant

Makanan enak terkadang memang berbiaya mahal. Ini berlaku bila Anda makan di Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant. Meskipun restoran ini mengenakan tarif relatif mahal, namun rasanya sebanding dengan kualitas menu yang ditawarkan.

Seperti namanya yang berbau Jepang, Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant menawarakan beberapa makanan siap saji ala Jepang. Beberapa makanan paling favorit di restoran ini, diantaranya Yakiniku, Salad Dressing, Beef & Chicken Bowl, Spicy Chicken, dan Chicken Salad. Penasaran? Buktikan sendiri keunikan rasa sajian khas Jepang di Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant ini.

Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant
Alamat Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant: Plaza Indonesia Extension – Lt 5, Jalan MH. Thamrin Kay 28 – 30, Jakarta Pusat

3. Pecenongan

Pecenongan adalah kawasan tempat makan enak di Jakarta sekaligus salah satu surganya penikmat kuliner malam di Jakarta. Hampir setiap sudut di kawasan ini didominasi sejumlah cafe dan warung tenda yang umumnya mulai beroperasi sejak pukul 5 sore hingga lepas tengah malam. Meskipun hanya warung tenda biasa, namun harga makanan di kawasan ini terbilang cukup mahal, bahkan setara dengan harga makanan di sejumlah mall atau restoran mewah.

Bagi warga Jakarta atau wisatawan penikmat kuliner yang pernah ke Pecenongan, beberapa menu favorit adalah martabak, seafood, dan Chinese Food. Pecenongan memang telah terkenal sebagai tempat wisata kuliner Jakarta sejak tahun 1970 silam. Tidaklah aneh bila kawasan Jalan Pecenongan Jakarta ini selalu dipadati pengunjung, terutama wisatawan asing.

Pecenongan
Alamat Pecenongan: Jl. Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat

4. Mie Tarik Laiker

Bagi Anda pecinta makanan mie olahan, jangan lupa memasukkan Mie Tarik Laiker ke dalam daftar perburuan tempat makan paling enak berikutnya. Dari makanan yang disajikannya, terlihat bahwa tempat makan ini mengusung kolaborasi menu Indonesia dan Malaysia.

Bagi Anda yang suka menu-menu seperti bakmi, kwetiaw, dan sajian dari bahan mie lainnya, Anda dapat mengunjung Mie Tarik Laiker. Harga yang dikenakan per porsi berkisar Rp 50 ribu.

Mie Tarik Laiker
Alamat Mie Tarik Laiker: Grand Indonesia Lt 3 Food Louver – Jalan MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat

5. Kwetiaw Akang

Kwetiaw yang satu ini bukanlah kwetiaw seperti yang ada di Mie Tarik Laiker, tapi produk kuliner asli Kwetiaw Akang Jakarta. Seperti namanya, tempat ini mengandalkan menu utama Kwetiaw. Meskipun begitu, tersedia juga menu lainnya seperti nasi siram, yaitu nasi yang terkenal dengan aroma wangi dan rasanya yang lezat.

Jika Anda datang pada Sabtu malam, dapat dipastikan Kwetiaw Akang akan dipenuhi banyak pengunjung. Sebaiknya Anda memilih datang ke salah satu cabang Kwetiaw Akang yang ada di beberapa lokasi di Jakarta, seperti Cengkareng, Muara Karang, Mangga Besar, Pondok Indah, dan Kelapa Gading. Harga Kwetiaw di Kwetiaw Akang ini per porsi berkisar Rp 30 ribu.

Kwetiaw Akang
Alamat Kwetiaw Akang: Jl. Muara Karang Raya (Blok Z6) No. 21, Penjaringan, Jakarta Utara

6. Restoran Holycow Jakarta

Tempat wisata kuliner di Jakarta berikutnya adalah Restoran Holycow. Restoran ini terbukti menjadi tempat makan favorit karena sukses dengan beberapa cabangnya di kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Di Jakarta sendiri, setidaknya terdapat 3 cabang Restoran Holycow, yaitu di Jalan Kelapa gading, Jalan Panjang, dan Jalan Senopati.

Menu andalan restoran ini adalah steak dengan aneka varian saus dengan tingkat kematangan berbeda. Uniknya, Restoran Holycow menyediakan menu steak gratis bagi pengunjung yang berulang tahun. Syaratnya cukup menunjukkan KTP dan tentu saja harus mau mengenakan mahkota yang sudah disiapkan pihak Holycow.

Restoran Holycow Jakarta
Alamat Restoran Holycow Jakarta: Jalan Bakti No. 15, Senopati, Jakarta Selatan

7. Bandar Djakarta

Sejak berdiri tahun 2001 silam, Restoran Bandar Djakarta termasuk salah satu destinasi favorit dalam dunia wisata kuliner Jakarta. Pertama kali dibuka, tempat makan ini hanya mampu menampung dalam kapasitas 200 orang saja. Namun, kini sudah mencapai 1.600 seat. Restoran yang terletak di kawasan Ancol Jakarta ini menawarkan menu andalan seafood dan menyuguhkan latar belakang pemandangan indah.

Tempat duduk di Restoran Bandar Djakarta terdiri dari beberapa pilihan, ada lesehan, ruang outdoor di tepi pantai, serta pilihan duduk dalam ruangan. Karena lokasinya yang sangat dekat dengan laut, maka seafood yang disajikan di tempat makan ini terjamin kesegarannya.

Bandar Djakarta
Alamat Bandar Djakarta: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara

8. Kemang Food Festival

Kemang Food Festival tidak hanya dikenal warga Jakarta saja. Tidak sedikit pengunjung dari luar daerah mengenal tempat wisata kuliner di Jakarta yang satu ini. Kemang Food Festival memiliki gerai-gerai makanan dengan konsep food court dan umumnya disukai kalangan pelajar dan mahasiswa karena harganya cukup terjangkau.

Tersedia banyak pilihan makanan di Kemang Food Festival, mulai dari makanan tradisional hingga makanan Eropa. Suasananya yang nyaman terbilang sangat cocok untuk nongkrong bersama teman dan keluarga. Gerai makan di tempat ini biasanya buka serentak mulai pukuk 5 sore hingga lepas tengah malam. Kedatangan pengunjung biasanya mencapai puncaknya pada waktu sekitar pukul 7 malam ke atas. Untuk menambah semarak suasana di Kemang Food Festival, pihak pengelola juga mengadakan pertunjukan live music setiap akhir pekan.

Kemang Food Festival
Alamat Kemang Food Festival: Jl. Kemang Raya No. 19, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

9. Social House

Restoran masih menjadi pilihan favorit sebagai tempat makan enak di Jakarta, salah satunya adalah Social House. Tempat makan ini selain menawarkan aneka sajian lezat, juga menghadirkan view pemandangan kota Jakarta yang indah di malam hari. Meskipun harganya sedikit mahal, namun tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan di akhir pekan, kalangan selebriti tanah air banyak yang nongkrong di restoran ini.

Adapun menu andalan di Social House, diantaranya iga bakar sambal ijo dan capricciosa pizza, sedangkan minuman yang paling populer adalah Homemade grandma’s iced lemon tea. Bagi Anda yang mau mencoba menu-menu tersebut, Anda sebaiknya mengunjungi Social House di mall Grand Indonesia.

Social House
Alamat Social House: Grand Indonesia Mall Lt. 1, East Mall, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat

10. Mr. Park

Tempat makan favorit di Jakarta tidak hanya didominasi sajian menu kuliner lokal atau makanan Eropa saja. Mr. Park yang beralamat di mall Grand Indonesia ini justru sukses menunjukkan eksistensinya sebagai restoran berbasis makanan Korea yang digemari banyak kalangan.

Mr. Park sukses menarik minat pengunjung dengan berbagai menu khas Korea seperti beef Bulgogi lengkap. Dan tentu saja, dikenakan harga yang lebih terjangkau.

Mr. Park
Alamat Mr. Park: Grand Indonesia Mall Lt. 3, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat

11. Martabak Boss

Jika ingin mencicipi martabak dengan sensasi rasa berbeda, sebaiknya Anda langsung meluncur ke martabak Boss di kawasan Menteng. Tempat ini didesain cukup unik menyerupai sebuah container kapal bercat kuning lengkap dengan gambar karikatur. Tak hanya martabak manis dan martabak telor, Martabak Boss juga menawarkan martabak versi baru yaitu martabak skippy, martabak nanas, martabak nutella, martabak durian, martabak toblerone, martabak ovomaltine, dan martabak pandan.

Meski harga martabak di tempat ini cukup mahal, namun sebanding dengan rasa yang ditawarkan. Terbukti, tempat ini tak pernah sepi dari pembeli. Bahkan jika ingin makan di tempat ini, sebaiknya Anda datang sebelum pukul 6 sore. Biasanya pada jam 6 sore keatas, tak jarang pengunjung harus mengantri dan mungkin bisa menunggu hingga 1 jam lebih. Jangan khawatir, Martabak Boss memiliki 8 cabang di Jakarta, yakni ada 2 di Menteng, Tebet, Panglima Polim, Gunawarman, Tomang, Gandaria, Jatinegara, dan Bintaro.

Martabak Boss
Alamat Martabak Boss: JL. Haji Agus Salim No. 60, Jakarta Pusat

12. Tony Roma’s

Bagi pecinta makanan iga bakar, Anda boleh mampir ke rumah makan Tony Roma’s. Dari sejumlah cerita, tempat makan ini disebut-sebut sebagai tempat dengan sajian iga bakar paling lezat di Jakarta. Meskipun harganya relatif mahal, namun itu bukan kendala bagi para pengunjung yang selalu memadati tempat ini.

Sajian iga bakar di Tony Roma’s diracik dengan bumbu rahasia sehingga tidak ada tempat lain yang dapat menyamai citarasanya. Selain itu, Anda akan mendapat iga bakar dalam porsi besar. Ini rasanya sepadan dengan harga yang harus dibayar. Tak hanya iga bakar, Tony Roma’s juga menghadirkan menu andalan lainnya seperti steak. Jika ingin datang ke Tony Roma’s, ada 2 tempat yang dapat Anda pilih. Tony Roma’s hadir di Jalan Thamrin dan di Gandaria City Puri Indah. Kedua tempat ini buka pada jam yang sama, yaitu mulai pukul 11 siang hingga 11 malam.

Tony Roma’s
Alamat Tony Roma’s: Jl. MH Thamrin Kav 8-10, Tanah Abang, Jakarta Pusat

13. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar ini terkenal sebagai salah satu tempat nongkrong anak muda di Jakarta Selatan. Menu roti bakar yang lezat adalah suguhan utama di sini. Roti bakar Eddy memproduksi rotinya sendiri serta tidak menggunakan pengawet. Bahan-bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan roti-roti pada umumnya seperti tepung roti protein, tepung terigu, gula pasir, garam, susu bubuk, telur ayam, air, mentega dan susu evaporated tanpa pengawet.

Menu favorit pengunjung adalah roti bakar keju dan roti bakar 2TG (telor, cornet daging sapi). Meski menu andalannya adalah roti bakar, Anda juga dapat menemukan beberapa menu makanan lainnya yang menarik. Kin, Roti Bakar Eddy memiliki sejumlah cabang di Jakarta. Tetapi konsep bangunan yang paling sederhana dapat Anda temukan di Roti Bakar Eddy area Blok M, yakni menggunakan tenda saja.

Roti Bakar Eddy
Alamat Roti Bakar Eddy: Jalan Raden Patah No. 11, Kebayoran Baru, Jakarta

14. Soto Betawi H. Ma’ruf

Bagi Anda yang penyuka soto betawi, ada sebuah tempat kuliner soto Betawi di Jakarta yang melegenda, yakni Soto Betawi H. Ma’ruf. Usaha soto ini sudah dirintis oleh pria asal Betawi sejak tahun 1940-an yang pada saat itu masih menjajakan soto dengan memikulnya keluar masuk kampung di Jakarta.

Di tempat ini, semangkuk kuah santan berbumbu isi daging sapi ditambah emping dan irisan tomat menghadirkan pengalaman makan soto betawi yang sungguh nikmat. Semangkuk soto betawi ditawarkan dengan harga berkisar Rp 26 ribu. Kuliner khas Betawi yang satu ini memang memiliki pecintanya sendiri dari berbagai kalangan. Anda dapat menjumpai Soto Betawi H. Ma’ruf di areal Taman Ismail Marzuki yang buka sejak pukul 9 pagi hingga 10 malam.

Soto Betawi H. Ma’ruf
Alamat Soto Betawi H. Ma’ruf: Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat

15. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Inilah salah satu destinasi wisata kuliner di Jakarta yang populer di kalangan wisatawan. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih juga merupakan salah satu legenda kuliner Jakarta. Berdiri sejak tahun 1958, Nasi Goreng Kebon Sirih telah memiliki banyak penggemarnya. Sajian rasa gurih berasal dari olahan rempah-rempah dengan tambahan minyak samin.

Resep nasi goreng di tempat makan ini bertahan secara turun menurun. Bumbu-bumbu yang digunakan terdiri dari rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, sereh, lada, dan beberapa jenis bumbu lain. Untuk menikmati seporsi nasi goreng kambing lezat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 30 ribu. Buka mulai pukul 5 sore hingga dinihari.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Alamat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih: Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta Pusat

16. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia yang didirikan oleh Toe Wah Seng pada tahun 1968 ini juga salah satu dalam deretan kuliner legendaris di Jakarta. Sajian mie ayam di tempat ini sungguh memiliki cita rasa gurih dan bertekstur kenyal. Anda tinggal memiliki mie kesukaan Anda, seperti dengan daging ayam, daun sawi, bakso, pangsit rebus dan kuah kaldu.

Para konsumen Mie Ayam Gondangdia pada umumnya adalah pelanggan-pelanggan yang setia. Lazimnya penikmat mie ayam di tempat ini datang bersama dengan keluarga atau kerabat. Saat ini, Mie Ayam Gondangdia memiliki tujuh cabang yang tersebar di Jabodetabek. Seporsi makanan mie di tempat makan ini berkisar dari harga 15 ribu hingga 65 ribu. Jangan khawatir, tempat kuliner Jakarta yang satu ini buka mulai dari pukul 9 pagi hingga 10 malam.

Mie Ayam Gondangdia
Alamat Mie Ayam Gondangdia: Jl. R.P. Soeroso No. 36, Jakarta Pusat

17. Warung Tinggi Coffee

Bila Anda penasaran tentang kedai kopi tertua di Jakarta, maka Warung Tinggi mungkin adalah yang paling tua. Awal operasi kedai ini adalah sejak tahun 1878 dan usahanya dikelola secara turun-temurun. Sejak awal berdiri, tersedia sajian kopi luwak, lalu ditambah suguhan kopi torabica, arabica, hingga robusta. Kedai kopi ini tidaklah membuka kedai kopi besar. Hal ini mengingat kebanyakan pembelinya membeli kopi-kopi racikan warung ini dalam jumlah besar. Tidak heran bila racikan kopi di kedai ini juga diekspor ke luar negeri. Meski demikian, Anda juga dapat menemukan beberapa outlet kopi ini di Grand Indonesia West Mall Lantai 5 serta di Jl. Batujajar 35 B, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.

Sejak beberapa tahun lalu, juga tersedia racikan kopi inovatif dari Warung Tinggi Coffee, yakni Kopi Jantan dan Kopi Betina. Kopi Jantan lebih disukai oleh para lelaki karena rasanya yang keras dan berefek pada peningkatan vitalitas. Sementara Kopi Betina lebih banyak disukai anak muda. Kedai kopi Warung Tinggi Coffee buka sejak pukul 9 pagi hingga 3 sore setiap hari.

Warung Tinggi Coffee
Alamat Warung Tinggi Coffee: Jl. Sekolah Tangki No. 26, Jakarta Pusat

18. Jalan Sabang

Kawasan Jalan Sabang adalah salah satu jalan yang favorit di kalangan wisatawan. Sebagai tempat wisata kuliner di Jakarta yang terkenal, tersedia berbagai macam jajanan kaki lima yang selalu ramai dikunjungi orang. Selain itu, juga ada pilihan sajian makanan yang variatif pada malam hari.

Anda dapat menemukan menu nasi goreng, bubur, mie ayam, sate padang, hingga martabak di Jalan Sabang. Tidak hanya makanan, juga terdapat sejumlah tempat ngopi yang mengasyikkan di sana. Kalangan wisatawan mancanegara juga kerap datang mengunjungi kawasan ini untuk menyantap makanan atau sekedar nongkrong melepas malam.

Jalan Sabang
Alamat Jalan Sabang: Jalan Sabang, Jakarta Pusat

19. Southbox

Sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Jakarta, Southbox terbilang sukses meraih perhatian banyak kalangan muda di Jakarta. Konsep desain di tempat ini sungguh unik, terdapat berbagai kotak ala truk kontainer yang dicat warna-warni menghiasi setiap sudutnya. Anda dapat menemukan berbagai jajanan makan dan minum di tempat ini, selain pula berbagai pernak pernik seperti sepatu dan bunga.

Southbox memiliki 2 lantai. Toko-toko yang ada di sana ditempatkan seperti mengelilingi area semi outdoor dengan sejumlah meja dan kursi makan yang tertata rapi di tengah area. Menu yang ditawarkan sungguh beragam, mulai dari mie ayam, sop duren, sampai hidangan kopi yang digemari anak muda. Tak jarang, pihak pengelola juga menyelenggarakan live music di tempat kuliner Jakarta yang satu ini.

Southbox
Alamat Southbox: Jl. Prapanca Raya No. 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *