Asinan Betawi

Bahan-Bahan Asinan Betawi Untuk resep asinan betawi ini kita akan membutuhkan 4 macam bahan sekaligus yakni bahan utama, bahan untuk kuah, bahan untuk bumbu halusan, dan bahan untuk taburan. Nah, berikut adalah bahan-bahan utama yang harus Anda siapkan:

Taoge panjang sebanyak 200 gram, sangrai
Mentimun cukup dengan 2 buah, ambil bijinya, lalu iris tipis
Kol sebanyak 2 lembar, iris halus
Wortel sebanyak 150 gram, potong korek api
Bengkuang cukup sebanyak 200 gram, potong korek api
Sawi asin sekitar 200 gram, peras airnya lalu iris tipis
Tahu takwa cukup dengan 200 gram, kukus lalu potong dadu
Lokio sekitar 50 gram saja, bersihkan lalu potong bagian akarnya
Bahan kuah asinan Betawi:

Gula merah sebanyak 500 gram, sisir
Cuka masak sekiranya 2 sendok makan
Air matang cukup 1 liter
Bahan bumbu halusan:

Cabai merah keriting sebanyak 6 buah
Ebi cukup sebanyak 75 gram, sangrai
Cabai merah besar sekitar 4 buah
Garam sekiranya 1/2 sendok teh
Gula pasir sebanyak 100 gram
Bahan untuk taburan asinan betawi:

Kacang tanah goreng seperlunya.
Kerupuk mi sesuai selera.

Cara Membuat Asinan Betawi

Setelah semua bahan terkumpul, mari kita langsung mengolahnya. Pertama kalinya kita dapat membuat kuah takwa terlebih dahulu. Caranya terlebih dahulu campur air dan gula pasir bersama dengan bumbu halusan di dalam sebuah panci. Aduk-aduk bahan tersebut agar bisa tercampur secara merata.

Setelah itu masak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api sedang sampai benar-benar mendidih. Sambil memasak sesekali berikan adukan-adukan agar semua bahan matang secara keseluruhan. Angkat dan tambahkan cuka masak ke dalam rebusan tersebut.

Setelah menambah cuka, aduk kembali bahan-bahan tersebut agar bisa tercampur secara merata. Supaya kuah memiliki tekture yang lebih bersih, saring kuah tersebut dengan sebuah alat penyaring. Diamkan terlebih dahulu kuah tersebut hingga dingin.

Selanjutnya setelah kuah tersebut dingin, masukan semua bahan utama yang telah kita persiapkan kecuali sawi asin. Kemudian tambahkan tahu takwa dan masukan olahan tersebut dalam lemari es agar semua bumbu dapat meresap secara optimal.

Susun sawi asin dengan rapi bersama dengan potongan tahu. Jangan lupa taburi asinan Betawi tersebut dengan bahan taburan yang telah kita persiapkan tadi, yaitu kacang tanah dan juga kerupuk mi. Sajikan dalam keadaan dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *