Bubur Ase

Bubur Cerancam atau Bubur ase adalah bubur khas betawi yang sudah hampir punah. Bubur ini sepertinya sudah tidak banyak lagi dijual di Jakarta, mungkin hanya beberapa orang yang masih setia berjualan bubur ini. Sepertinya hanya orang-orang dahulu seangkatan nenek saya keatas yang tahu akan bubur yang satu ini. hehehhe .. Sayang juga banyak yang tidak tahu akan adanya bubur yang sangat lezat ini. Menurut nenek, jaman dulu bubur ini selalu ada pada saat bulan sebelum bulan puasa. Pada bulan ini , sesama tetangga saling bertukar makanan dan salah satunya bubur cerancam ini. Menurut saya, bubur ini unik banget lohh dan rasanya bisa bikin ketagihan. Rasa gurih dari bubur, bercampur rasa asem dan manis dan juga pedas dari sambal kacangnya, bikin rasa bubur ini nikmat sekali.

BAHAN – BAHAN :

BAHAN BUBUR :
1/2 liter beras
1 liter air kaldu
2 batang sereh
5 helai daun salam

BAHAN SEMUR TAHU atau SEMUR DAGING SAPI :

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt lada
Jinten, secukupnya
4 butir kemiri
2 cm kayu manis
4 buah cengkeh
50 ml kecap manis
10 buah tahu bandung, potong kotak, goreng atau bisa diganti daging sapi jika mau membuat semur daging sapi, jika ingin membuat semur daging kentang tinggal menambahkan potongan kentang ke dalam gulai semur
1 sdm gula pasir
1 sdm gula merah sisir

BAHAN ACAR atau ASINAN :

Timun, secukupnya
Wortel, secukupnya
Kol, secukupnya
Lobak, secukupnya
Sawi Asin, secukupnya
1/3 sdt garam
1/3 sdt gula
5 sdm air
1/2 sdt cuka

BAHAN TABURAN :

Kacang tanah goreng, secukupnya
Kacang kedelai goreng, secukupnya
Daun bawang, secukupnya
Bawang goreng, secukupnya
Toge, secukupnya
Kerupuk merah dan emping melinjo, goreng secukupnya
Sambel rawit merah uleg, secukupnya

CARA MEMASAK BUBUR ASE KHAS BETAWI :

Cara Membuat Bubur. Cuci beras hingga bersih, tuang air kaldu dalam panci. Masukkan daun salam dan sereh masak hingga menjadi bubur. Tambahkan garam secukupnya.
Cara Membuat Semur. Masak Semur : Haluskan bumbu lalu tumis hingga harum. Masukkan tahu tambahkan air dan kecap. Tambahkan gula merah, gula putih cengkeh dan kayu manis. Masak hingga matang dan meresap.
Cara Membuat Asinan Acar : Serut semua sayurlalu masukkan garam gula cuka dan air. Aduk hingga rata.
Di mangkuk saji : Letakkan bubur lalu tuang semur tahu, Taburkan toge irisan daun bawang bawang goreng dan kerupuk merah dan emping melinjo. Tambahkan acar asinan dan sambal, bisa juga tambahkan ikan teri jengkin goreng atau ikan teri medan.
Sajikan untuk 10 porsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *