Bubur Kwang Tung

Bubur Kwang Tung Jakarta

Bubur kwang Tung merupakan bubur inovasi yang beda dari bubur lain yang ada di Jakarta. Bubur yang satu ini terdiri dari taburan daun bawang, kacang tanah yang menutupi permukaan bubur. Namun ketika diaduk, terdapat beberapa potongan kepiting dengan aroma yang sangat khas.

Baca juga : Gulai Tikungan Blok M

Tekstur buburnya lembut dan tak ada rasa amis. Dikunyah sedikit, potongan kepitingnya cepat halus dan meluncur mengikuti bubur hingga ke perut. Menu ini dilengkapi saus cokelat bening. Asisten juru masak resto ini, Indra Hadi Ismaya, mengatakan saus tersebut adalah salah satu yang khas dari bubur ala Hong Kong. Bahannya terdiri atas irisan cabai, jahe, bawang, dan kecap asin. “Ini sebagai penguat rasa alami,” kata Indra di restonya, Selasa lalu.

Kepiting yang dipilih adalah kepiting betina yang sedang bertelur. Pemilihan kepiting seperti ini akan membuat penyajian bubur dihiasi telur-telur kepiting berwarna oranye yang menyebar. Makin asyik jika bubur disantap dengan cakwe dan brokoli tumis. Indra mengatakan, tidak lengkap makan bubur Cina tanpa cakwe.

Selain bubur kepiting, ada bubur seafood yang juga jadi menu favorit. Ada pula bubur ayam, kerapu, kodok, remis, kerang kapak, dan hisit, serta bubur sayuran untuk kaum vegetarian. Proses pembuatan bubur, Indra menerangkan, dilakukan dengan memasak beras selama dua jam. Beras yang digunakan pun beras Thailand. Saat dimasak, dengan takaran tertentu, garam akan dimasukkan ke dalam bubur. Bubur ini kemudian akan ditambahi bahan protein sesuai dengan pesanan.

Berlokasi di Jl. Raya Nomor 67-I, Jakarta Pusat, Bubur Kwang Tung di Pecenongan mengingatkan orang akan pusat jajanan di Hong Kong, Cina. Dan Pecenongan dipilih sebagai tempatnya karena sudah dikenal sebagai pusat jajanan di Jakarta.

Perbedaan lain terdapat pada penyajian. Bubur Bun Ong disajikan dalam mangkuk dari tanah liat dibungkus aluminum foil. Juga beda sausnya. Saus bubur Bun Ong terbuat dari kecap asin bercampur irisan cabai rawit. Bila suka yang pedas, saus merah pun tersedia. Juru masak Bubur Bun Ong, Amir Hidayat, mengatakan saus cabai dibuat dari paduan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan jahe.

Kedua bubur di atas akan nikmat jika disantap dengan kailan saus tiram. Kailan dibuat dari paduan sawi rebus, kecap, penyedap rasa, dan bawang goreng. Rasa manis kecapnya pas di lidah. Daun dan batang sawinya direbus tidak terlalu layu. “Kami merebusnya sekitar 10 menit,” kata Amir Hidayat. Harga yang terbilang murah, satu porsi Bubur Kepiting Rp 50.000, Bubur Seafood Rp 50.000, Cakwe Rp 5.000, Brokoli Cah Bawang Putih Rp 30.500.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *