Daftar Makanan Kuliner Khas Betawi

Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan atau makanan khas indonesia yang memiliki rasa yang begitu enak dan lezat. Kuliner makanan sangat banyak variasi yang memiliki rasa yang begitu berbeda-beda dari Kuliner makanan biasanya sangat banyak di jumpai di kalangan indonesia. contohnya makanan khas kuliner di jakarta, di kalangan jakarta sangat banyak variasi makanan yang sangat lezat dan enak. Dan dikota jakarta adalah no satu di indonesia yang memiliki resep yang makanan yang lezat. Bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya pasti tidak akan asing dengan beberapa kekhasan dari suku betawi ini, mulai dari adat istiadatnya sampai dengan kuliner khasnya. Nah, Pada kesempatan kali ini, mari kita sedikit mengintip sajian makanan khas betawi dan penjelasannya.

1. Kerak telor

Kerak telor

Semua orang pasti tahu kerak telor, makanan khas betawi yang selalu hadir di setiap festival ini favorit warga lokal. Berikut resep makanan khas betawi kerak telor. Pertama-tama kocok satu butir telur bebek, tambahkan setengah sendok teh bumbu halus, setengah sendok teh ebi, setengah sendok makan bawang goreng, seperdelapan sendok teh garam, dan seperdelapan sendok teh gula pasir. Kemudian siram ke atas ketan yang telah direndam dengan air semalaman. Aduk-aduk sambil ratakan di penggorengan, tunggu sampai matang. Jadilah kerak telor favorit warga betawi.

2. Nasi uduk

Nasi uduk

Makanan pokok khas betawi nasi uduk yang memiliki rasa lezat dan gurih. Nasi uduk khas betawi biasanya disajiakan dengan telor dadar yang diiris kecil ataupun semur jengkol, tidak lupa tambahan lauk berupa ayam goreng, empak goreng, kentang balado, dan juga sambal kacang.

3. Nasi ulam

Nasi ulam

Nasi ulam ini merupakan adaptasi dari budaya cina. Nasi ulam menggunakan nasi pera yang disajikan disiram semur baik itu kentang, tahu, maupun telur dengan tambahan cumi asin goreng, telur dadar iris, parkedel kentang, dan juga bihun goreng. Biasanya makanan yang satu ini juga ditambah daun kemangi, sambal, dan bawang goreng serta taguran kacang hiotam tanah tumbukan agar rasa lebih sedap.

4. Semur jengkol

Semur jengkol

Makanan khas betawi asli yang satu ini berbahan dasar jengkol yang memiliki bau khas. Sangat bayak warga betawi yang menyajikan makanan ini, dan semur jengkol adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh orang. Dan rasanya lezat berbanding terbalik dengan bauk tidak sedapnya di hidung saat dikonsumsi.

5. Soto betawi

Soto betawi

Makanan khas betawi yang terkenal juga dengan sebutan soto ini diolah dari daging sapi, tomat dan kentang yang disiram dengan kuah santan. Soto betawi disajikan dengan nasi putih hangat dan es teh. Soto betawi merupakan salah satu kuliner khas betawi yang sangat banyak orang sukai dan di seluruh kalangan indonesia.

6. Dodol betawi

Dodol betawi

Makanan kecil khas betawi berwarna hitam kecoklatan ini mempunyai varian rasa yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan dodol pada umumnya. Dodol betawi hanya terdiri dari rasa ketan putih, ketan hitam, dan durian. Bahan baku dodol betawi adalah ketan, gula merah, gula pasir, serta santan yang dimasak dengan bahan bakar kayu bakar.

7. Putu mayang

Putu mayang

Makan satu ini dalah putu mayang yang merupakan salah satu jeni kue tradisional dari masyarakat betawi asli. Bahan dasarnya berupa tepung kanji atau tepung beras yang dimasak santan di tambah dengan gula merah. Cara mengonsumsinya dengan menyiram gula merah dan santan atau membubuhi taburan kelapa pada gula putu mayang yang siap disantap.

Demikian dengan jenis makanan kuliner khas jakarta atau salah satu makanan khas betawi yang sangat banyak orang sukai dengan berbagai jenis makanan yang berbeda-beda dengan rasa yang enak dan lezat. dan bagi kalian yangsedang liburan di jakarta, jangan lupa untuk mencoba mencicipi makanan khas jakarta. sekian dari artikel ini semoga bermanfaat bagi anda dan selamat menikmati hidangan makanan khas jakarta.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *