Gabus Pucung

Kuliner khas Betawi berbahan utama ikan gabus dan berkuah hitam pekat yang berasal dari pucung dengan campuran kluwak. Kuah pucung memang mirip kuah rawon tetapi memiliki tekstur berbeda. Makanan khas Betawi ini disajikan dengan ikan gabus yang digoreng dan disiram dengan kuah pucung.

Bahan Utama Ikan Gabus:
1 kg ikan gabus ukuran sedang
2 sdm air jeruk nipis
Sedikit garam

Bahan Perendam Ikan:

3 sdt ketumbar, shangrai
2 buah jeruk nipis
1/2 sdt garam
4 btr bawang putih

Bahan Bumbu Ikan Gabus:

Daun bawang iris serong
7 buah rawit merah
1 sdt gula
750 ml air
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Jeruk limau

Bumbu Ikan Gabus:

3 lembar daun salam
4 buah sereh, geprek
1 cm Jahe geprek
6 lembar daun jeruk, robek- robek
3 cm lengkuas geprek
2 buah tomat, potong dadu

Bumbu Halus Ikan Gabus:

8 bawang putih
12 bawang merah
6 buah cabe merah kriting
3 cm kunyit
6 buah kluwek ambil dagingnya, rendam air hangat
4 buah kemiri, geprek lalu shangrai
Cara Membuat Ikan Gabus Pucung Khas Betawi yang Gurih dan Lezat

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Diolah:

  • Awali langkah pertama dengan membersihkan ikan gabus yang sudah anda dapatkan dari pasar dan bawa air ke tempat cucian untuk dibilas dan dibersihkan dengan air bersih.
  • Kemudian, silahkan bersihkan lendir yang ada pada ikan dengan menggunakan abu gosok. Lalu gosok-gosok ikan hingga menjadi kesat. Setelah itu, silahkan bersihkan kembali ikan dengan air bersih hingga abu gosok bisa dibersihkan.
  • Kemudian bersihkan sisik yang ada pada ikan dengan dikerik menggunakan pisau atau sendok hingga sisik ikan bisa dibersihkan secara merata.
  • Setelah itu, silahkan potong bagian depan moncong ikan dengan menggunakan pisau, karena bagian ini tidak akan kita gunakan.
  • Setelah bagian moncong ikan dibersihkan, kemduian kita bersihkan pula bagin dalam perut ikan dan keluarkan jeroannya dengan menggunakan tangan.
  • Terakhir, kita akan lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Cara Membuat Ikan Gabus Pucung Khas Betawi:

  • Setelah ikan dilumuri dengan bumbu diatas, kemudian silahkan bilas kembali dengan air untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan secara merata.
  • Kemudian silahkan rendam ikan dengan bumbu rendaman dan biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam agar bumbu ini meresap pada ikan secara merata.
  • Setelah itu, silahkan goreng ikan pada wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Goreng ikan hingga matang dan kering secara merata. Setelah itu, angkat ikan dan sisihkan sementara.
  • Selanjutnya, kita panaskan minyak dalam wajan sedikit saja dan tumis bumbu tersebut hingga harum.
  • Masukkan sereh kedalam tumisan bumbu bersama denagn daun salam dan daun jeruk, kemudian tumis bumbu bahan ini hingga layu.
  • Setelah tumsi bumbu layu, masukkan potongan tomat kedalamnya dan aduk-aduk hingga tomat menajdi sama layunya.
  • Tuangkan air kedalamnya bersama dengan garam dan gula pasir hingga rasanya pas dan biarkan mendidih secara merata. Setelah itu, baru masukkan ikan gabus yang telah digoreng dan masak hingga bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *