Gulai Tikungan Blok M

Gulai Tikungan Blok M

Jakarta memang kaya akan wisata kuniler mulai dari restoran hingga warung pinggiran jalan. Banyak makanan yang sangat enak dengan harga murah meriah dengan hidangan yang tak kalah dengan restoran-restoran besar di sekitar Jakarta.

Baca juga : Warung Nagih

Salah satu kawasan kuliner yang sangat rampai pengunjung yakni di area Blok M Jakarta Selatan. Di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan terdapat sebuah tempat kuliner yang amat tersohor sejak dulu, yaitu gultik. Gultik merupakan singkatan dari gulai tikungan. Dinamakan gulai tikungan karena banyak pedagang gulai yang mangkal di tikungan jalan tersebut.

Ada sekitar 15 pedagang gulai di kawasan belakang Blok M Plaza tersebut. Beberapa dari mereka sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu. Rata-rata rasa dari gulai yang mereka jajakan pun tidak jauh berbeda. Walaupun tergolong kuliner kaki lima, gultik selalu ramai pengunjung. Mulai yang bermobil sampai pejalan kaki pun pernah makan di sini. Sejak tahun 1980-an banyak masyarakat yang menjadikan gulai tikungan ini sebagai destinasi kuliner favorit mereka.

Yang menjadikan gultik ini selalu ramai adalah rasa dari gulai itu sendiri. Gulai yang dijual di kawasan ini merupakan gulai sapi. Pedagang menggunakan beberapa bagian sapi seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan. Gulai dengan kuah santan yang tidak begitu kental dan rasanya yang gurih disiramkan diatas sepiring nasi, ditambah taburan bawang goreng, kecap, dan kerupuk. Untuk Anda yang menyukai pedas, Anda bisa meminta sambal pada pedagang.

Rasanya memang sederhana namun tetap menggugah selera. Gurihnya gulai dipadu dengan manisnya kecap dan pedasnya sambal cukup untuk membuat ketagihan. Tapi, untuk Anda yang biasa makan banyak, seporsi gultik pasti kurang untuk memanjakan perut Anda. Jangan khawatir, Anda bisa nambah sepuasnya tanpa takut kantong jebol karena harga seporsi gulai ini dibanderol hanya dengan harga Rp 8.000.

Warung gulai tikungan buka setiap hari mulai dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Jika saat bulan Romadhon tiba, warung ini tutup hingga pukul 04.30 pagi. Jika anda berkunjung di Jakarta saat malam hari, tak perlu lagi bingun untuk mencari tempat makan yang istimewa. Datang saja ke Blok M, maka anda akan mendapatkan kuliner malam yang akan menggoyang lidah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *