Ketoprak

resep ketoprak khas Jakarta dengan lontong dan saus kacangnya. Ketoprak mungkin akan mengingatkan Anda pada lawakan. Namun, dalam dunia kuliner, ketoprak tersebut adalah makanan khas dari ibu kota Jakarta. Di jalanan ibu kota, gerobak pedagangnya pun dapat Anda temukan hampir di semua tempat. Ketoprak kerap dijadikan makanan alternatif untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kenapa makanan ini bisa begitu khas keberadaannya di Jakarta, tentu saja karena orang Betawi berada di sana. Makanan ini pertama kali diolah dan dipopulerkan oleh orang Betawi. Ciri khas dari ketoprak sendiri ada pada penggunaan lontongnya yang legit, sayuran segar yang masih mentah, serta bumbu kacangnya. Biasanya, akan ditambahkan juga kerupuk untuk menambah rasa nikmat serta mempercantik tampilannya.

Bahan-bahan

Ketupat, potong kotak – 2 buah
Tahu putih – 5 buah
Tauge, buang ekornya – 100 gram
Bihun – 120 gram

Bahan saus:

Kacang tanah, goreng – 150 gram
Bawang putih – 3 siung
Cabe rawit – 5 butir
Gula merah, serut – 50 gram
Asam jawa, larutkan dalam 150 ml air matang – 1/2 sdt
Garam – 1/2 sdt

Pelengkap:

Kecap manis – secukupnya
Bawang goreng – secukupnya
Kerupuk kanji – secukupnya
Telur rebus (opsional) – secukupnya

Langkah
Goreng tahu putih hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong kotak dan sisihkan.
Seduh tauge dan bihun menggunakan air panas. Tiriskan dan sisihkan.
Membuat saus: Haluskan atau giling bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan kacang tanah. Tambahkan air asam jawa, campur hingga rata. Sisihkan.
Tata ketupat, tahu, bihun, dan tauge di piring. Siram dengan saus kacang lalu beri kecap sesuai selera. Taburi bawang goreng dan lengkapi dengan kerupuk serta telur rebus.
Siap disajikan.

Tips

Setelah bihun diseduh dan ditiriskan, bisa dipotong-potong sesuai selera agar lebih mudah saat disajikan.
Goreng atau sangrai kacang hingga benar-benar matang sehingga tidak berbau mentah dan tengik, serta supaya rasa gurihnya keluar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *