Ketupat Lontong Sayur

Resep Sayur Sambal Godog Betawi dan Resep Sayur Labu Siam Khas Jawa. Untuk sayur labu siam kali ini saya gunakan campuran udang, tahu dan tempe saja. Sayur labu siam model gini khas sekali sebagai masakan Jawa dengan bumbu medok dan legit. Dan ciri khas lainnya adalah aroma bumbu rempahnya yang kuat dengan kuah yang sedikit berminyak.

Sedangkan untuk cara membuat ketupat sayur khas lebaran yang dicampur dengan telur puyuh, daging sapi atau tetelan daging yang berlemak biasanya di adaptasi dari resep lontong sayur betawi, resep ketupat sayur medan dan juga ketupat sayur Padang.
Bahan-bahan :

Kacang panjang 1 ikat, sekitar 10 untai kacang panjang, potong ukuran 2 cm
Labu siam / manisa 2 buah, potong korek api
Daging sapi 250 gram, daging yang sering digunakan untuk rawon dengan sedikit lemak, potong-potong sesuai selera
Air 1 1/2 liter air
Santan 500 mili liter, di buat dari 1 butir kelapa

Bumbu Yang di Haluskan :

Bawang merah 8 siung
Bawang putih 5 siung
Cabai merah keriting 15 buah
Cabai rawit 5 buah
Minyak untuk menumis

Bumbu Lainnya :

Daun salam 4 lembar
Daun jeruk purut 3 lembar
Lengkuas 2 ruas, memarkan
Serai 2 batang, ambil bagian putihnya dan memarkan
Cabai rawit utuh 10 buah
Garam 1 sendok makan
Gula merah sisir 2 sendok makan
Gula pasir 1/2 sendok makan
Kaldu bubuk 1 1/2 sendok teh

Langkah Membuat Sayur Labu Godog Betawi :

Siangi labu siam, potong-potong dan taburi dengan 1 sendok makan garam, remas-remas dan biarkan selama beberapa menit sampai layu. Cuci bersih labu beberapa kali dengan air mengalir untuk menghilangkan garam, tiriskan.
Selanjutnya siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas sampai tercium aroma wangi sedap, bumbu matang, dan berubah warna menjadi tidak pucat lagi. Masukkan daging sapi, aduk rata dan masak sampai daging berubah warna. Tambahkan 500 mili liter air dan masak sampai daging empuk. Jika kuah habis dan daging belum empuk, tambahkan air kembali dan masak sampai empuk.
Masukkan kacang panjang dan cabai rawit utuh, aduk rata, dan masak sampai kacang panjang menjadi empuk. Tambahkan labu siam, aduk dan tuangkan sisa air dan santan. Masak dengan api sedang sambil sesekali di aduk sampai santan mendidih, terus memasak sampai santan mengeluarkan minyak dan benar-benar matang sampai aroma kuah menjadi harum. Takaran air untuk kuah disesuaikan dengan selera. Jika ingin kuah yang lebih banyak, tambahkan air panas ke dalam masakan.
Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, aduk rata. Cicipi rasanya, jika ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu lainnya sesuai selera. Angkat, lalu hidangkan dengan irisan lontong atau ketupat. Mantap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *