Kue Ape

Para pecinta kuliner, khususnya pecinta kue tentu sudah tidak asing dengan sajian kue bulat berwarna hijau dengan bagian pinggir yang garing dan renyah yang sering di jajakan di gerobak pinggir jalan ini. Ya, apalagi kalo bukan kue Ape, kue dengan bentuk yang unik dengan bagian pinggir yang garing dan renyah sementara bagian tengah yang tebal dan lembut ini merupakan jajanan pasar tradisional yang hingga saat ini masih banyak kita jumpai. Hidangan kue ape memang memiliki ruang khusus di hati para penggemarnya. Biasanya kue ape ini banyak dijual di sekolah-sekolah dasar atau SMP, namun tahukah anda ternyata para penggemar kue ape tidak hanya datang dari kalangan anak-anak saja, remaja, orang dewasa dan bahkan orangtuapun menyenangi rasa yang lezat dari kue ape.

Kue ape dimasak menggunakan kuali mini yang membuat bagian tengahnya terlihat lebih tebal, sementara bagian pinggirnya garing dan renyah. Rasa manis yang begitu legit, serta harga kue yang begitu terjangkau, membuat kue ape menyandang gelar sebagai jajanan nikmat yang murah dan meriah. Berikut bahan dan cara membuatnya

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

200 gram tepung beras
1 sendok teh baking powder
100 gram tepung terigu protein sedang
400 ml air
25 ml air daun suji yang diperoleh dari 25 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam
8 tetes pasta pandan
175 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Ape Pandan yang Manis, Garing dan Renyah

Langkah pertama dalam membuat kue ape ini yaitu, siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat aodnan. Apabila wadah sudah siap, campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, tepung beras, baking powder dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata.
Setelah itu, masukan gula. Lalu tambahkan setengah dari air yang sudah anda siapkan sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan selama kurang lebih 15 menit. Uleni bahan-bahan tersebut sampai merata.
Selanjutnya, masukan sisa air. Tambahkan juga air daun suji sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata dan menyatu. Jika sudah, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
Nyalakan kompor dengan api besar. Lalu simpan wajan khusus kue ape di atasnya. Olesi wajan tersebut dengan menggunakan minyak.
Kemudian, tuangkan adonan yang sudah anda olah tadi. Tekan bagian tengah kue ini sampai sisinya berkulit, lalu tutup. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kue ape ini benar-benar matang. Jika kue ape ini sudah matang, anda bisa langsung mengangkat dan kemudian menyajikannya pada tempat saji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *