Kue Cucur

Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi yang hingga saat ini masih digemari. Meski tampilannya sedikit berminyak, tapi tetap saja digemari dengan rasa manisnya yang sangat khas. Nggak heran jika kue ini jadi andalan tak cuma di Betawi, tapi di berbagai wilayah di Indonesia.

Tapi banyak yang ragu saat membuat kue cucur karena takut gagal. Padahal sebenarnya membuat kue ini tak sesulit yang dibayangkan. Pengguna Facebook Karizar Della beberapa waktu lalu mengunggah resep kue cucur yang telah ia praktikkan sendiri. Resep anti gagal ini hingga sekarang sudah dishare sampai lebih dari 64.500 kali.

Bahan-Bahan :

250 gram tepung terigu/gandum
250 gram tepung beras
200 gram gula merah
200 gram gula putih
Minyak goreng secukupnya
Air secukupnya
Kesumba kuning
Garam secukupnya
Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Berserat:

Panaskan gula merah dengan sedikit air agar cepat mencair. Apabila gula merahnya kurang merah, berilah tambahan waktu untuk merebus gula merah agar tampak lebih hitam. Apabila sudah membentuk karamel, tambahkan air, kemudian dinginkan.
Campurkan tepung gandum serta tepung beras. Saring gula merah yang sudah didinginkan tadi (untuk menghilangkan kotoran dari gula merah), kemudian tambahkan ke dalam campuran antara tepung beras dan tepung terigu.
Selanjutnya, tambahkan air ke dalam adonan tepung dan gula merah tadi. Aduk rata. Tambahkan gula putih, kesumba secukupnya, serta garam. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau lebih, sampai tingkat kekentalan adonan seperti susu kental manis (agar menghasilkan kue cucur berserat)
Panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Menurut resep, minyaknya tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit agar kematangan kue pas. Volume api juga harus pas. Jika api terlalu besar, kue menjadi sangat mengembang (buntal), sedangkan apabila api terlalu besar, kue akan menjadi sangat tipis.
Setelah minyak cukup panas dan volume api sudah pas, gorenglah adonan kue cucur tersebut. Tunggu hingga benar-benar matang dan tiriskan. Sajikan dengan cara yang menarik.

Resep kue cucur merupakan solusi bagi Anda yang ingin menikmati kue cucur setiap saat. kenikmatan merasakan kue buatan sendiri dapat diperoleh. Aneka jenis resep bisa diaplikasikan untuk mencicipi aneka jenis kue cucur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *