Kue Talam

Kue mungil yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Di Indonesia ada banyak versi kue talam sebenenarnya, namun kali ini kami akan menyajikan resep kue talam original tanpa variasi. Rasa manis legit berpadu dengan gurihnya santan berpadu kuat di kue yang satu ini. Karena kuatnya rasa gurih manis itulah, kue talam sebaiknya disajikan dalam porsi mangkok atau potongan yang kecil-kecil (finger food). Sehingga tidak menyebabkan rasa eneg jika dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk membuat kue ini tidak dibutuhkan bahan-bahan yang rumit. Hampir semua bahan bakunya dapat ditemukan di pasar tradisional. Waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama. Dalam waktu kurang dari 1 jam, anda sudah dapat menyajikannya bagi keluarga. Selain untuk snack keluarga, kue talam juga dapat disajikan sebagai kue suguhan pada acara arisan atau acara lainnya.

Bahan-bahan

300 ml santan dari 1 butir kelapa
150 ml air kelapa
100 g gula pasir
ΒΌ sdt garam
100 g tepung beras
30 g tepung sagu
1 sdt pasta pandan
50 g gula merah, larutkan dengan 25 ml air, rebus hingga mengental

Cara membuat

Rebus santan, air kelapa, gula pasir dan garam sambil diaduk perlahan sampai mendidih.
Tuang rebusan santan ke dalam campuran tepung beras dan tepung sagu yang sudah diayak, sedikit semi sedikit sambil diuleni hingga licin.
Bagi adonan menjadi dua bagian; Satu bagian ditambahkan air gula merah, aduk rata. Dan satu bagian terakhir ditambahkan air kelapa.
Tuang satu lapis adonan cokelat ke dalam cetakan mangkok kue talam, kukus selama 10 menit. Tuang adonan adonan putih di atasnya, kukus lagi selama 10 menit. Angkat, keluarkan kue talam dari cetakan, sajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *