Kuliner Jakarta Makanan khas Betawi

Kebudayaan betawi memang sangat menarik dikalangan masyarakat indonesia. dari seni dan budaya, dari jakarta juga memiliki kuliner betawi juga sangat terkenal dengan kelezatan cita rasanya. Sangat banyak yang membuat berbagai macam makanan yang unik dan beraneka ragam jenis makanan yang terdapat di daerah kota jakarta. Berikut adalah makanan khas betawi yang wajib anda santap saat berkunjung atau berlibur jangan lupa untuk mencoba mencicipi seperti makanan yang ada di bawah ini.

1. Kerak Telor

Ketak telor adalah salah satu makanan yang paling difavoritkan di jakarta. Biasanya makanan ini terdapat di pinggir jalan, kerak telor merupakan hidangan makanan yang paling lezat dan salah satu makanan ciri khas betawi. Untuk proses pembuatan kerak telor hanya memerlukan waktu yang singkat. Makanan khas betawi ini juga dibuat menggunakan bahan-bahan makanan seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.

Hal unik dari kuliner khas betawi ini adalah cara memasaknya. Telur dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan seperti itu sampai matang sehingga menjadi kerak.

2. Nasi uduk betawi

Nasi uduk adalah kuliner makanan khas betawi yang sangat banyak disukai di kalangan indonesia. biasanya nasi uduk ini dibuat dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu dikukus sampai matang. Rasanya gurih dan memiliki aromanya tersendiri. Nasi uduk betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal, dan pelengkap lainnya.

3. Gago-gado betawi

Berikut adalah gado-gado yang merupakan salah satu makanan khas betawi, makanan ini juga difavoritkan diberbagai seluruh indonesia dan makanan ini sudah tersebar dimana-mana. Biasanya makanan ini sangat banyak dijumpai di pinggir jalan atau pedagangkeliling. Untuk proses pembuatan gado-gado hanya memerlukan waktu yang cukup singkat dan sangat mudah untuk membuatnya bahan-bahan untuk pembuatan gado-gado sangat mudah untuk dijumpai atau sangat mudah untuk didapatkan bahan-bahannya seperti kentang, tahu, tempe dan telur yang disiram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk menjadikan hidangan ini digemari banyak orang. Kuliner khas betawi ini sangat nikmat disantap dengan nasi atau disajikan bersama lontong.

4. Semur jengkol

Semur jengkol hidangan khas Betawi ini terkenal dengan bau nya. Untuk beberapa orang, bau jengkol dapat membuatnya tidak suka, tetapi untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangatlah digemari. Masakan ini dimasak dengan jengkol yang memiliki rasa pahit, namun setelah dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah, jengkol menjadi lezat untuk disantap. Semur jengkol biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Jangan lupa mencoba hidangan khas Betawi satu ini ya, kalau berkunjug ke Jakarta.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *