Kuliner Oleh-Oleh Makanan Khas Jakarta

Kuliner Oleh-Oleh Makanan Khas Jakarta- Kalau kalian baru liburan di Jakarta atau memang merantau di Jakarta dan mau balik ke kampung halaman, ada baiknya tuh kalian bawakan oleh-oleh yang memang khas dari ibukota. Meski Jakarta sekarang udah berubah jadi kota metropolitan, gak berarti juga oleh-oleh khas Jakarta berupa makanan, minuman, dan camilan khas menjadi susah ditemukan.

Kebanyakan oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia memang berupa makanan dan minuman. Variasi rasa khas daerah tersebut bisa jadi sesuatu yang unik dan layak dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Jakarta juga punya banyak makanan dan minuman khas yang jarang bisa ditemukan di luar Jakarta, berikut beberapa di antaranya:

1. Roti Buaya

Salah satu makanan khas Jakarta yang masih sering dijadikan oleh-oleh adalah roti buaya. Roti yang bentunya memang menyerupai seekor buaya ini adalah bagian dari tradisi Betawi. Aslinya, ukuran roti buaya terbilang besar dan digunakan sebagai bagian dari seserahan dari pengantin pria ke pengantin wanita dalam acara pernikahan. Konon, roti buaya harus dibawa sebagai seserahan karena merupakan lambang kesetiaan. Menurut orang Betawi, buaya adalah hewan yang setia pada pasangan karena cuma kawin sekali seumur hidup. Kini, roti buaya tak hanya ada saat pernikahan saja. Roti ini sudah menjelma menjadi oleh-oleh khas Jakarta di mana ukuran roti menjadi lebih bervariasi dan rasanya juga berinovasi. Roti buaya yang dulu hanya berasa manis-gurih sekarang sudah banyak varian rasanya. Tapi, yang jelas bentuknya masih bentuk buaya. Kalau kamu mau cari roti ini sebagai oleh-oleh, masih banyak kok toko oleh-oleh di berbagai penjuru Jakarta yang menjual roti unik ini.

2. Dodol Betawi

Dodol merupakan kue kenyal yang banyak ditemui di daerah-daerah Indonesia. Jakarta juga punya dodol yang khas. Namanya dodol Betawi. Dodol Betawi hingga kini masih laris di pasaran, kebanyakan sebagai oleh-oleh. Dodol Betawi memiliki rasa yang gurih dan manis. Biasanya, bahan baku utama untuk mambuat dodol Betawi adalah ketan putih. Namun, banyak juga varian dodol Betawi yang terbuat dari bahan baku lain seperti ketan hitam, bahkan durian. Kalau kamu bingung mau cari oleh-oleh apa, dodol Betawi ini bisa jadi pilihan. Selain unik, dodol Betawi juga awet dan gak mahal harganya.

3. Kue Geplak

Selain roti buaya dan dodol Betawi, Jakarta juga punya kue tradisional bernama kue geplak. Kue ini sekarang udah terbilang langka banget dan jarang ditemukan, kecuali di toko oleh-oleh. Sama seperti roti buaya, kue geplak ini biasanya menjadi bagian dari seserahan pengantin pria ke pengantin wanita saat pernikahan. Kue ini terbuat dari beras. Warnanya kecoklatan dengan bercak putih. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Kue ini diberi nama kue geplak karena cara pembuatannya menggunakan proses perataan adonan dengan tangan, alias ditepuk-tepuk atau digeplak. Meski sudah jarang ditemui, kue geplak masih bisa dibeli di kawasan Bintaro. Banyak home industry kue geplak di sana, meski dalam skala kecil dan terbatas.

4. Bir Pletok

Bir pletok adalah salah satu minuman paling khas dari kota Jakarta. Meski namanya “bir”, minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali dan yang jelas gak bikin mabuk. Minuman khas Betawi ini justru menyehatkan badan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat bir pletok antara lain adalah batang serai, daun pandan, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Minuman yang sudah ada sejak jaman penjajahan ini diberi nama “bir pletok” karena saat direbus akan mengeluarkan bunyi meletup-letup atau “pletok-pletok”. Bir pletok dipercaya dapat menghangkatkan tubuh dan meredakan pegal-pegal, masuk angin, dan flu. Sekarang, bir pletok sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Selain ada yang sudah berbentuk botolan siap minum, bir pletok juga tersedia dalam bentuk serbuk. Jadi, lebih mudah dan praktis lagi jika mau dibawa sebagai makanan oleh-oleh khas Jakarta.

5. Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang  merupakan snack khas Betawi. Meski kue ini sudah dapat ditemukan di berbagai kota lain di Indonesia, kue bertesktur  renyah dan bercitarasa gurih ini tetap dianggap sebagai oleh-oleh khas Jakarta oleh para wisatawan. Kue ini memiliki bentuk yang khas mirip bunga matahari. Kue ini cukup awet sehingga cocok dijadikan buah tangan. Bahan pembuat kue ini antara lain adalah tepung beras, gula pasir, telur, vanilli, dan perasan air jahe.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *