Pindang Bandeng

Ikan bandeng memang merupakan salah satu ikan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satu yang banyak diolah oleh masyarakat adalah pindang bandeng. Masakan yang satu ini pasti ada di setiap meja bagi mereka yang merayakan hari raya Imlek, terutama mereka yang merupakan keturunan Chinese Hokkian. Umumnya para tetua akan menyajikan menu yang satu ini. Dengan rasanya yang asam manis membuat pindang bandeng disukai banyak orang. Terkadang juga banyak yang menjadi incaran masyarakat di kala jam makan siang. Rasanya yang asam dapat membangkitkan semangat bekerja. Memang masyarakat Indonesia paling hebat untuk meramu berbagai bumbu untuk menciptakan masakan yang luar biasa enak. Berikut ini adalah bahan dan langkah sederhana bagi Anda yang ingin membuatnya di rumah. Jika Anda menyukai makanan manis bisa menambahkan kadar kecap manis di dalamnya.

Bahan-bahan
2 porsi
1 ekor ikan bandeng berukuran besar
6 buah bawang merah
4 buah bawang putih
8 buah cabe merah besar
8 buah cabe rawit merah
1 ruas Kunyit
1 ruas Lengkuas
1 batang Sereh
1 ruas Jahe
3 lembar daun salam
1 buah Jeruk nipis
secukupnya Tomat / Belimbing Wuluh (optional)
Gula
Garam
800-1000 ml Air
3 sendok makan kecap manis (sesuai selera)
1 sendok makan air asam jawa

Langkah (40 menit)

  • Bumbu bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kunyit, sereh, jahe, lengkuas, dibakar sampai matang dan wangi, tapi jangan sampai terlalu gosong kehitaman.
  • Ikan bandeng dibersihkan, dibagi 4, dan dikucuri perasan air jeruk nipis dan garam agar tidak amis. Diamkan 10 menit. Setelah itu dicuci bersih.
  • Agar bandeng terlihat coklat merata dan tampilan lebih cantik, maka dibalurkan kecap secukupnya asal rata dan diamkan 10 menit.
  • Semua bumbu yang sudah dibakar seperti yg disebutkan di point 1, di geprak kasar dan masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih.
  • Setelah air dan bumbu bakar mendidih dan wangi, masukkan ikan bandeng yg sudah dibalur kecap manis, daun salam, air asam jawa dan belimbing wuluh, kecap manis, gula dan garam (sesuai selera).
  • Masak dengan api kecil hingga ikan matang dan bumbu meresap. Jangan terlalu sering diaduk agar ikan tidak hancur.
  • Pindang bandeng kecap ala betawi siap dinikmati. Sajikan selagi hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *