Resep Es Goyang

Resep Es Goyang – Kenangan memang merupakan suatu potongan sejarah yang telah terjadi dan tak akan bisa kembali lagi. Seiring dengan perkembangan zaman pun, kuliner yang dahulunya kita pernah cicipi sekarang tidak dapat ditemukan atau meskipun ada, tapi sulit. Salah satu kuliner yang biasa kita cicipi ialah es goyang yang berasal dari Bandung tapi sering dijumpai dijakarta. Es krim ala Indonesia yang tenar ditahun 90an ini banyak ditemukan disekolah – sekolah. Tapi sekarang es goyang ini sangat sulit untuk ditemukan bahkan disuatu daerah tidak dijumpai lagi es goyang ini. Es Goyang juga ternyata proses pembuatannya mudah dan sederhana. Untuk mengatasi rasa kangen untuk mencicipi Es Goyang, berikut ini resep Es Goyang lengkap dengan proses simpel dan sederhana.

BAHAN :

50 gram tepung hunkwe
500 ml santan kelapa asli (dari 1 butir kelapa)
70 gram gula pasir
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
1 sdt cokelat bubuk

BAHAN TOPPING :

Es batu
Coklat cair
Kacang

CARA MEMBUAT ES GOYANG BANDUNG :

Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, yaitu santan kelapa, gula pasir, garam, daun pandan, serta juga cokelat bubuk.
Bahan – bahan ini dimasak di atas api kecil dan terus diaduk – aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga adonan ini mendidih.
Setelah masak, Anda bisa mulai menyiapkan sebuah cetakan khusus untuk es ini yang bentuknya persegi panjang. Siapkan juga box / kotak yang diisi dengan pecahan es batu dan garam.
Jika cetakan sudah siap, tuangkan adonan yang telah masak tadi ke dalam cetakan, lalu masukkan cetakan yang sudah berisi adonan es ini ke dalam box yang berisi pecahan es dan garam tadi.
Kemudian, goyang – goyangkan saja box / cetakan es ini. Perhatikan juga proses penggoyanannya. Pastikan digoyang dengan tepat, yakni tidak terlalu keras atau pelan. Karena, bila goyangnya terlalu keras, maka hasil es nya akan kurang bagis. Tapi kalau digoyang dengan cara terlalu pelan, maka es akan semakin lama jadi.
Jika sudah hampir jadi, jangan lupa untuk menancapkan stik kayu khusus es krim lalu tunggu hingga es krim jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *