Sate Padang Ajo Ramon

Sate (atau sate, tetapi biasanya dieja sate di Indonesia) adalah salah satu makanan Indonesia yang paling umum dan terkenal.Tetapi ada banyak jenis sate yang berbeda. Sate Padang, seperti namanya, berasal dari surga kuliner Padang, yang terletak di pantai barat pulau Sumatera.

Karakteristik utama Sate Padang meliputi potongan-potongan kecil daging dan organ yang direndam dalam campuran rempah-rempah yang kuat dan dipanggang di atas arang panas.

Setelah sate selesai dipanggang, disinilah hal-hal mulai berubah dari jenis sate Indonesia lainnya. Tusuk sate berlapis, sering dikombinasikan dengan potongan kue beras ketupat, dan sekantong penuh saus kanji yang dituangkan ke seluruh piring.

Dengan bumbu kuning atau coklat gumpalan kental adalah pada tingkat yang sama cantik seperti nasi kari Hainan. Karena rasa bumbu yang berani, Sate Padang adalah jenis sate favorit bagi mereka yang sangat menyukai bumbu dan rasa yang kuat.

Salah satu tempat paling terkenal, dan sering salah satu tempat paling dicintai untuk makan Sate Padang di Jakarta Selatan adalah Sate Padang Ajo Ramon. Tempatnya berada di tempat parkiran

sate padang Ajo Ramon ini berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, sebelah utara Kota Padang. Menurut Supriadi, anak ketiga dari enam bersaudara sang perintis mengatakan perbedaan sate Padang Pariaman dengan sate Padang Bukittinggi atau yang lain adalah memiliki bumbu daging yang kemerahan, serta kuah yang coklat pekat, tidak kuning seperti beberapa daerah lain. Meski begitu beberapa jenis sate Padang memiliki citarasa dan kenikmatan tersendiri warisan daerah asalnya. “Makanya disebut ‘Ajo’ bukan ‘Uda’ kalo di Pariaman. Ajo Ramon berarti Abang Ramon, perintis sate ini atau bapak saya,” ujar Supriadi

Sate Padang yang satu ini memang sangat favorit di kelangan penikmat kuliner Padang, tak heran menurut salah satu penjaga parkir sekitar, beberapa artis dan pejabat publik kerap datang dan menjadi langganannya, seperti Bunga Citra Lestari, Agus Ringgo, Yusril Ihza Mahendra, Agung Laksono dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan dan mencicipi sate padang ini Anda bisa berkunjung ke pusatnya persis di pelataran Pasar Santa, Jalan Cipaku 1, Kebayoran Lama. Selain itu cabang Ajo Ramon yang masih dikelola oleh keluarga besarnya tersebar di pusat kuliner Blok S, Pasar Raya Blok M, Cikajang nomor 72, Mall Artha Gading, Mall Kelapa Gading, hingga di Summarecon Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *