Surga Kuliner Malam di Jakarta

Surga Kuliner Malam di Jakarta, Sebagai Ibu Kota, Jakarta bagai tak pernah tidur. Kesemarakan kota metropolitan ini terus terjadi hingga malam bergulir. Beragam tempat kuliner yang enak dan murah baru mulai bermunculan di malam hari. Ini beberapa wisata kuliner Jakarta yang layak Anda coba kala malam tiba.

Wisata Kuliner Jakarta Selatan

Setidaknya ada tiga foodcourt hip di area Jakarta Selatan, yaitu Food Fighters (Melawai), Southbox (Dharmawangsa), dan Eat Happens (Tebet). Gerai di Food Fighters kebanyakan adalah “pindahan” dari Pasar Santa. Misalnya, A Bunch of Caffeine Dealers dan Bear&Co yang bergabung dalam lapak Kopi Pasar dan menyediakan kopi panas maupun cold brew yang pas diseruput saat cuaca panas.

Coba juga sloppy joe alias roti burger dengan daging cincang berbumbu yang disajikan Sloppy Bro, burger hitam dari Black Jack, dan burrito dari Papricano. Kalau memilih mampir ke Southbox yang bangunannya menggunakan kontainer bekas warna-warni, silakan icip gyros atawa campuran nasi basmati berbumbu, roti pita, dan daging ayam/kambing panggang dari The Halal Boys, juga es krim gulung nikmat dari Woodstock Ice Roll.

Sedangkan di Eat Happens, untuk yang bosan dengan tren burger hitam, di sini roti burgernya berwarna hijau dan cokelat. Isinya selain patty daging sapi biasa, bisa diganti dengan daging sapi lada hitam, dan ditambah kebab. Eat Happens menyediakan juga roti cane dengan topping manis seperti durian, nutella, dan taro, maupun asin seperti tuna mayo dan beef kebab mayo, Eat Happens menjadi salah satu kuliner unik Jakarta. Kalau kuliner “kekinian” bukan selera Anda, mampirlah ke emper Blok M Square, yang saat malam hari menyediakan penjaja angkringan. Sedangkan pecinta kopi bisa merapat ke Kopikina di Tebet, yang buka hingga pukul 02.00 dan menyediakan lebih dari 50 macam kopi dari pelosok daerah Indonesia.

Wisata Kuliner Jakarta Utara

Terletak di Jalan Kelapa Kopyor Raya, Kelapa Gading, OTW Food Street, adalah foodcourt hip yang buka hanya pada sore hingga malam hari. Beragam menu siap mengisi perut dan memuaskan dahaga Anda. Untuk penyuka duren dan cendol, wajib coba Iced Durian Ovomaltine Cendol dan Iced Duren Brownies Nutella.

Jika Anda suka martabak, bisa pilih martabak manis delapan topping, atau martabak gurih dengan pilihan isi daging sapi lada hitam, tuna, kornet, dan kebab. Hidangan lain yang dipujikan adalah bakso sapi sumsum, long john bread, dan black burger. Tapi kalau di malam hari Anda ingin makan es krim, merapatlah ke BC’s Cone di Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, yang buka hingga pukul 23.00.

Es krim lembut alias soft ice cream di sini ada berbagai rasa dan warna, mulai dari matcha, taro, cereal milk, cream soda, sampai ovaltine dan death by oreo. Padukan dengan pilihan waffle cone yang juga macam-macam, antara lain mango, red velvet, dan charcoal. Kalau bingung pilih yang mana, pesan sample platter saja, Anda akan menerima enam cone kecil dengan rasa es krim berbeda-beda.

Wisata Kuliner Jakarta Pusat

Di area Sarinah-Thamrin, sejumlah kafe dan restoran cepat saji buka 24 jam. Namun kalau ingin mencoba tempat kuliner Jakarta yang lebih baru, bergeserlah ke 127 Cafe dan Waha Kitchen yang buka 24 jam di lantai dasar Hotel Kosenda, Jl. Wahid Hasyim. 127 Cafe selain menyediakan kopi klasik seperti espresso, cappuccino, dan cafe latte, juga menjajakan minuman berbasis kopi lainnya seperti cinnamon cappucino dan piccolo latte, serta teh rasa buah stroberi, leci, markisa, dan apel.

Untuk menemani kopi, ada kudapan manis lemongrass creme caramel, pandan mousse, dan petit four ala Peranakan. Sedangkan Waha Kitchen menyajikan menu sarapan ala Melbourne (tapi dapat dipesan sepanjang hari) dan hidangan peranakan. Jika sedang ingin makan yang berkuah dan hangat, pesanlah Laksa — bisa pilih dengan lauk ayam, bebek, atau seafood — yang terbilang salah satu terbaik di Jakarta.

Kalau Anda lebih suka camilan rakyat yang lezat, datanglah ke Warung Ketan Susu Kemayoran, di Jalan Kemayoran Gempol. Warung yang juga buka 24 jam ini menyediakan ketan susu yang gurih, manis, sekaligus hangat dengan harga murah meriah. Ada juga gorengan tempe, pisang, dan singkong jika Anda mau. Semasa Bandara Kemayoran masih beroperasi, lapak ketan susu ini kabarnya sering disambangi pilot yang pulang larut malam dan dini hari.

Wisata Kuliner Jakarta Barat

Saat malam sedang dingin, paling nikmat makan dan minum yang hangat-hangat. Wedang ronde di Fantasi Ronde, Jalan Pesanggrahan No.3, Kembangan, Jakarta Barat, bisa jadi pilihan. Ronde merupakan kuliner khas Jogja yang bertekstur kenyal serupa mochi diisi kacang tanah, dipadu air jahe pedas dan panas untuk menghangatkan badan.

Gerai yang buka pukul 19.00-24.00 ini juga menyediakan makanan lain seperti roti bakar, nasi goreng, dan bakmi. Masih di area Pesanggrahan, ada pula Sandwich Bakar dengan sajian andalan sesuai namanya, roti bakar. Anda bisa pilih isi yang manis seperti selai buah, cokelat, dan pisang, atau yang gurih semacam ayam teriyaki, tuna crispy, dan daging sapi lada hitam.

Bagi penggemar durian yang ingin terpuaskan di malam hari, silakan merapat ke Sop Duren 88 di Tanjung Duren yang buka hingga tengah malam. Beragam olahan durian tersedia di sini, mulai dari sop durian pisang hijau, pancake durian, ketan durian, sampai es krim durian. Sudah lewat tengah malam tapi masih lapar juga? Bergeserlah ke Bubur Sapo Bun Ong di Jl. Panjang, yang buka 24 jam. Kedai ini menyediakan suguhan sederhana dengan rasa mantap, seperti nasi tim ayam, bubur, dan nasi hainam. Tapi bagi Anda yang muslim, Bubur Sapo Bun mungkin bukan pilihan yang tepat, karena mereka juga menyediakan berbagai menu yang berbahan dasar daging babi.

Wisata Kuliner Jakarta Timur

Buka hingga pukul 23.00, Sate Kambing H. Giyo di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara adalah jawaranya sate kambing di Jakarta Timur merupakan salah satu tempat kuliner enak di Jakarta.

Daging kambingnya empuk dan bumbunya meresap, dengan potongan daging yang besar, bumbu kacang yang halus, dan kematangan pas. Lima tusuk saja sudah bisa membuat Anda kenyang.

Adapun di Jl. Balai Pustaka, ada pusat jajanan kaki lima yang menyediakan bakso, sate Padang, soto Betawi, dan martabak hingga larut malam. Antrean panjang kabarnya selalu terjadi di lapak Martabak Favorite, yang menggunakan mentega agar martabaknya lebih gurih dan lezat meski isinya tergolong klasik, yakni cokelat, kacang, dan keju. Di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Timur, Warunk Upnormal menyediakan mi instan yang sudah di-upgrade antara lain menjadi mi kuah keju, mi rendang, mi goreng saus telur asin, dan mi goreng iga, Warunk Upnormal menjadi salah satu kuliner unik Jakarta yang pantas Anda coba. Selain itu ada pula pilihan camilan seperti roti bakar, pisang bakar, alpukat kerok, dan seblak. Gerai ini buka hingga pukul 23.00 dan nyaris selalu dipenuhi pengunjung.

Selamat menikmati hidup dan berburu berbagai kuliner malam di Ibukota!

Baca Juga :