Makanan Wajib di Jakarta

Makanan Wajib di Jakarta – Indonesia adalah negara yang sangat besar, bahkan kota Jakarta sendiri lebih besar dari Singapura.

Dengan pertumbuhan tak berujung dari restoran baru yang dipengaruhi Barat, mudah untuk melupakan jajanan kaki lima yang sebenarnya sering dikunjungi oleh sebagian besar penduduk Indonesia.

Panduan ini berfungsi untuk memberikan panduan otentik tentang makanan apa yang harus dimakan di Jakarta yang bisa Kalian temukan di pinggir jalan, toko-toko kecil bahkan di restoran atau food court.

Baca Juga Artikel kami Lainnya di Tempat Wisata Kuliner Jakarta

Makanan Wajib di Jakarta

Masakan Indonesia, karena geografi perdagangannya yang strategis, juga mendapat pengaruh dari Cina, India, dan negara-negara Eropa yang menjadi semakin berbeda di dekat kota-kota pesisir. Banyak masakan asal Hainan juga lazim dari masuknya orang Cina di masa lalu.

Banyak Makanan Wajib di Jakarta di  kota Jakarta yang didatangkan dari berbagai penjuru Indonesia dan sudah disesuaikan dengan daerahnya.

Demi kesederhanaan, kami hanya akan menyoroti makanan-Makanan Wajib di Jakartaumum yang bisa ditemukan di sini, meski variasinya tidak ada habisnya jika Kalian hanya keluar dari Jakarta.

1. Pisang Goreng Sambal Roa

Pisang Goreng adalah adonan yang digoreng dan di Indonesia disajikan dengan sambal cabai. DanPisang yang digunakan di Jakarta tidak terlalu matang dan manis seperti di Singapura, masih memiliki bentuk tubuh yang keras seperti tepung.

Sambal roa dibuat dengan ikan dan menambahkan rasa pedas yang luar biasa. Dilengkapi dengan gorengan juga untuk menambah kerenyahan dan merupakan camilan populer bagi banyak penduduk setempat.

2. Gorengan

Gorengan secara harfiah berarti ‘benda yang digoreng’, itulah yang dijual oleh gerobak (geropak) yang populer ini. Segala macam bahan digoreng dan dijual, termasuk ubi, nanas, tempe (kacang kedelai yang difermentasi), tahu, lumpia, dan banyak lagi lainnya.

Tidak diragukan lagi tidak sehat dan merupakan pendahulu serangan jantung karena minyaknya digoreng ulang beberapa kali. Minyak bekas sepertinya selalu terasa lebih enak.

Penjual gorengan di pinggir jalan adalah penyelamat hidup, menyediakan jajanan cepat untuk pengendara lokal yang lebih sering tidak terjebak dalam kemacetan lalu lintas Jakarta yang terkenal yang bisa berlangsung berjam-jam.

Gerobak yang ada di mana-mana ini tersebar di banyak jalan di Jakarta dan sulit untuk dilewatkan.

3. Otak-Otak

Otak-Otak populer di Indonesia, Malaysia dan Singapura tetapi tentunya dengan variasinya. kami menemukan versi Indonesia yang paling berbeda dari daerah lain, kebanyakan berwarna keputihan pucat dengan hanya sedikit atau tanpa cabai dalam campuran pasta ikan itu sendiri.

Pasta ikan otak Jakarta kebanyakan dibuat dengan ikan tenggiri (ikan wahoo), santan, serai dan rempah-rempah, dan dipanggang atau dikukus dalam daun pisang seperti variasi otak lainnya untuk menambah keharuman.

Otak secara harfiah berarti ‘otak’, yang dapat diambil dari gagasan bahwa hidangan ini terlihat seperti otak ikan yang lembut dan licin.

Versi Jakarta juga melihat penggunaan saus kacang pedas yang dicelup otak-otaknya. Kalian juga dapat menemukan kios-kios otak-otak di sepanjang jalan atau di dekat halte bus yang melayani pejalan kaki.

4. Bakpao

Bakpao diadopsi dari nama Hokkien 肉包, yang secara harfiah berarti pangsit daging atau roti. Berasal dari Tionghoa dari banyak Hokkien yang tinggal di Indonesia, resep awal Bakpao menggunakan daging babi.

Sementara banyak orang Indonesia telah mengadaptasi bakpao tersebut untuk diisi dengan bahan ramah Muslim lainnya seperti Ayam atau sayuran. Kulit dibuat dengan adonan dan setelah diisi, dibiarkan mengembang setelah dikukus.

5. Ketoprak Jakarta

Ketoprak adalah jajanan khas Jakarta lainnya, tetapi juga menyebar ke seluruh Jawa dengan popularitasnya. Untuk Ketoprak vegetarian terdiri dari tahu, lontong (ketupat), beehoon, telur rebus, tauge dan kol, disiram dengan saus kacang dan di atasnya diberi bawang merah goreng dan kerupuk (kerupuk nasi goreng).

Kalian juga dapat meminta tingkat kepedasan yang Kalian inginkan di setiap ketoprak di sebagian besar tempat, dengan pilihan yang ringan, sedang, atau membakar lidah Kalian.

6. Kerak Telor

Kerak Telor terbuat dari nasi yang digoreng dengan telur bebek, dengan taburan kelapa parut, bawang merah goreng, dan udang kering.

Telur bebek dianggap lebih beraroma dibandingkan telur ayam, yang harus kami setujui. Jajanan tradisional Betawi, vendor Kerak Telor paling menonjol selama pameran tahunan Jakarta dan dianggap sebagai pilihan populer bagi pengunjung.

Dulu, Kerak Telor juga dianggap sebagai Makanan Wajib di Jakarta orang kaya dan disajikan saat pesta.

7. Bebek Goreng

Bebek Goreng dapat ditemukan di banyak warung pinggir jalan serta restoran mewah dan biasanya dijual dengan nasi. Karenanya, Bebek Goreng terkadang juga dijual sebagai ‘Nasi bebek’ atau nasi bebek.

Hidangan ini secara tradisional dimakan dengan tangan hanya untuk benar-benar menjangkau setiap sudut dan celah bebek. Ada juga versi ayam goreng yang dikenal dengan Ayam goreng.

Bebek biasanya direndam dengan berbagai macam bumbu seperti jahe lengkuas, serai, daun salam dan jinten, kemudian digoreng dalam wajan dengan minyak hingga renyah.

8. Martabak Manis

Martabak adalah pancake isi yang lembut dan isinya sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Di Indonesia, Martabak Manis adalah versi makanan penutup jalanan populer yang melihat segala macam bahan manis di dalamnya seperti susu kental manis, keju bahkan nutella dan cokelat toblerone.

Versi gurih telur yang juga ditemukan di Indonesia lebih dikenal dengan Martabak Malabar bagi penduduk setempat untuk membedakannya dari varian makanan penutup.

Martabak di Singapura tidak diisi dan sama sekali berbeda dari varian Indonesia- The Ban Jian Kueh di Singapura tampaknya lebih mirip Martabak Manis Jakarta.

9. Pancake Durian

Mungkin berasal dari Medan di mana ada banyak pedagang durian, pancake durian tersebar di seluruh Indonesia. Hanya dibuat dengan tepung dan bubur krim durian, penyajian yang paling umum adalah pancake isi persegi meskipun versi seperti krep yang lebih tipis juga populer.

Kulitnya terkadang dibumbui dengan daun pandan untuk warna hijau itu, atau bahkan stroberi dan coklat.

10. Roti Bakar

Roti Bakar merupakan roti bakar kental yang banyak disantap orang Indonesia untuk sarapan atau pencuci mulut. Pedagang kaki lima yang menjual Roti Bakar atau warung ‘Ropita’ sering menawarkan berbagai macam topping seperti stroberi, pisang keju, nanas, dan coklat.

Cokelat dan keju Roti Bakar tampaknya menjadi pilihan paling populer di kalangan penduduk setempat. Dengan campuran keju parut yang meleleh dan cokelat yang dimaniskan dengan susu kental yang disiram di seluruh roti panggang.

Membawa Roti Bakar yang sudah manis ke level berikutnya, beberapa kios memiliki pilihan untuk mengubahnya menjadi ‘Es Roti Bakar’ dengan menambahkan sekop es krim di atas camilan diabetes Kalian. Bersiaplah dengan suntikan insulin saat Kalian mencoba ini.

11. Sate

Tusuk daging terkenal ini berasal dari Jawa, Indonesia dan sudah cukup banyak menjadi hidangan nasional – tidak heran ini adalah makanan favorit kami dan Indonesia adalah tempat kami makan sate terbaik dalam hidup kami.

Kelezatan populer yang terdiri dari daging seperti ayam, daging sapi, dan kambing, setiap sate dipanggang di atas kayu atau api arang untuk rasa barbekyu yang akrab.

Versi paling populer juga disertai dengan kacang pedas dan saus nanas. Variasinya termasuk sate yang dibuat dengan jeroan atau usus dengan banyak saus berbeda.

Dari pedagang kaki lima hingga restoran kelas atas, Kalian dapat menemukan sate hampir di mana saja di Indonesia.