Daftar Kuliner Jakarta

Rekomendasi Kuliner Favorit Di Jakarta, Ibukota memang penuh cerita favorit. Bukan hanya tentang kehidupan sosial, politik, dan ekonomi saja. Tetapi juga berbagai macam kuliner yang beraneka ragam.

Banyaknya lokasi tentunya sangat menguntungkan buat warga Jakarta. Namun terkadang juga membingungkan karena harus memilih mana tempat makan yang asik buat nongkrong ataupun memang ingin merasakan di mana kuliner yang nikmat dan lezat.

Nah, buat kalian yang masih bingung, berikut ini adalah rekomendasi 100 tempat makan yang dianggap favorit oleh sebagian warga di Jakarta:

(A)

Asinan Kamboja
Jl. TamanKamboja No.10 Rawamangun

Ayam Bakar Kalasan Mas Mono
Jl Tebet Raya 57

Ayam Bakar Taliwang Bersaudara
Jl Panglima Polim IV No. 125, Jaksel

Ayam Goreng Tulang Lunak Ny. Nani S.
Jl H.Ten No.7A, Rawasari, Jakarta Timur

Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk
Pondok Indah Plaza I Blok UA No. 39 Jaksel

(B)

Bakmi Jogja
Jl Darmawangsa Raya 10C, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Bakmi Mbah Mo

Jl Fatmawati Jaksel

Bakmi Toko Tiga
Jl KH Wahid Hasyim 63A

Bubur Kwang Tung, Seafood ala Hongkong
Jl Pecenongan Jakpus

Burger Blenger
Jl Lamandau IV, Kebayoran Baru, Jaksel

Brasserie Madaleine
Lantai 2 Arcadia Plaza Senayan

(C)

Cavana Plasa Semanggi

Cafí”N (Mr. Sangid exBorobudur) Special Sop Buntut
Jl Letjen. Suprapto, Komp. Cempaka Putih Permai Blok A4, Jakarta Pusat

Celcius Cafe
Plaza Semanggi

Cilantro Asian Bistro & Lounge
Level 46, Wisma 46 Kota BNI, Jl Jend. Sudirman Kav. 1, Jakpus

(D)

Dapoer Ciragil
Jl Ciragil I No.21, Kebayoran Baru

Dapur Buntut
Jl KH Abdullah Syafei 50D

De Plum Bistro
Jl Kemang, Jakarta Selatan

Dulang Palembang
Jl Cinere Raya 77, Depok

(H)

Healthy Choice
Jl Kemang Raya No.32, Jakarta Selatan

Hilltown Steak
Jl Wijaya IX (dekat Taman Wijaya), Kebayoran Baru

(K)

Kafe Cali Deli
Jl Surabaya, Jakarta Pusat

Kedai Ayam Goreng
Jl Leuser F3/42

Kedai Cemara
Perempatan Tanjung Duren Barat

Kedai Ibu Yanti
Jl PLN Duren Tiga No.11

Kedai MaPinah
Jl Raya Kapten Tendean No.2, Jakarta Selatan

Kedai Sate Bang Wahab
Jl Imam Bonjol No.47, Tangerang

Kedai Tiga Nyonya
TIS Square,JlMTHaryono Kav. 8 Tebet, Jaksel

Ketupat Sayur Murni
Jl Raya Kebayoran Lama PAL 7 No.6, Jakarta Selatan

Konopizza
Mal Kelapa Gading, Lantai Dua

Kopitiam
Lobby Tower Azalea, Apartemen Garden Mediterania Residence, Tanjung Duren

(L)

Lao Ta
Jl MH Thamrin,KompleksRuk oPlazaMenteng Blok C11-12, Lippo Cikarang

Lara Djonggrang
Jl Cik Di Tiro No. 4, Menteng, Jakarta Pusat

Lokananta
Jl Panglima Polim II no.2

(M)

Mie Ayam Pak Tua
Jl Sapta Taruna I, Komplek PU Lebak Bulus

(N)

Nasi Campur dan Kari 89
Jl Pademangan 4 gg 18 dan gg 21

Nasi Goreng Babeh Sanim
Jl Pandurenan Raya (Samping Masjid), Kuningan, Jakarta Selatan

(O)

Omah Sendok
Taman Mpu Sendok, Jl Senopati, Kebayoran Baru

(P)

Pecel Pincuk Kalibata
Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan

Pempek Garuda (dengan symbol huruf R kecil di sudut kiri)
Jl Garuda, Kemayoran Aroma tengiri di Garuda.

Penang Bistro
Kebon Sirih Raya, Jakarta

Ponderosa Steak House
S. Widjojo Building, Jl Jenderal Sudirman

Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Jl Raya Tapos No.1, Cimanggis, Depok

Pondok Ikan Bakar Ujungpandang
Jl Radio Dalam No.14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Pondok Lauk
Jl Baharudin No. 34A, Tangerang

Porta Venezia Aston Sudirman
Jl Garnisun Dalam No.8

(R)

Ratu Kepiting
Apartemen Wisma Gading Permai, Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading

Red Chocolate Culture
Mal Taman Anggrek

Restoran Bebek Ginyo
Jl Tebet Dalam No.12, Jakarta Selatan

Restoran Cavana
Plaza Semanggi

Restoran Dante
Jl Dharmawangsa Raya, Jaksel

Restoran Excito
Hotel Spark

Restoran Kamikawa
Sudirman Place

Restoran Kyoka
Bapindo Plaza Lantai 27, Jl Jend. Sudirman

Restoran Laut Sulawesi
Simprug Gallery, Jl Teuku Nyak Arif No.10, Kebayoran

Restoran Padang Citra Rasa
Jl Kapten Tendean No.12B,Jakarta Selatan

Restoran Paparazzi
Plaza Indonesia, Lantai Dasar

Restoran Sari Chan
Jl Pangeran Antasari, Kebayoran Baru

Restoran Sri Melayu
Jl KH Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Restoran Takigawa
Jl Panglima Polim X No 10P, Melawai,Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Restoran Tofu
Dharmawangsa Square, Jakarta

Riung Sari
Jl Juanda, depan Kantor Sekretariat Negara

Rive Gauche
Jl Veteran I No.21, Jakarta Pusat

Rumah Makan Betawi Ibu Atikah
Jl Kebon Kacang V no.29, Tanah abang

Rumah Makan Betawi Ibu Hj. Nurlailah
Jl Duren Tiga Raya PLN No.37,Jakarta Selatan

Rumah Makan Ibu Hj.Kokom
Jl KH Hasyim Ashari No.20, Cipondoh, Tangerang

Rumah Makan Nasi Cirebon
Gading Batavia Food Promenade Blok C

Rumah Makan Pecel Madiun
Jl Ciater Barat Raya, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang

(S)

Sandwich Bakar
Jl Pesanggrahan Raya No. 168, Jakarta Barat

Sate Maranggi Bu Yayah
Jl Laboratorium No. 3, Komp. PLN Duren Tiga, Jaksel

Sate Ayam H4ji Romli
Seberang RS Pusat Pertamina, Jl Kyai Maja, Kebayoran Baru

Saung Grenvil
Kompleks Grenvil Blok AV-12A,Jakarta Barat

Seafood Gebang 49
Jl Kalimati Pademangan,Jakarta Utara

Seafood SMS
Jl Pluit Putra Raya A1, Jakarta Utara

Siomay Menteng Pak Aris
Depan Bank Lippo, Jl HOS Cokroaminoto, Menteng

Soto Bu Tjondro
Jl Pondok Cabe Raya 50B, Tangerang

Sop Ikan Resto Khas Batam Ruko
Jl Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading

Sop & Sate Kambing Estu Rame
Jl Tebet Barat Dalam, depan Pasar Tebet, Jakarta Selatan

Soto Ambengan Pak Sadi
Jl Wolter Monginsidi,Jakarta Selatan

Soto Betawi H. Mamat
Jl Raya Serpong No.51 (depan dealer Suzuki BSD) Telp 70285416

Soto Ceker Arifin
Jl Gandaria,Jakarta Selatan

Soto Jakarta Pak Yus
Jl Teuku Umar No. 2, Menteng, Jakarta Pusat

Soto Madura H. Ngatidjo
Jl Biak No.58A, Roxy

Steak Art & Curio

Jl Kebon Binatang III/8

Super Bakso
Kawasan Gunung Sahari, seberang mal Golden Truly

Strawberry Cafe
Jl Tanjung Duren Barat III No.1, Jakarta Barat

(T)

Tahu Campur Ojo Lali
Jl Saharjo, Tebet ( 25 meter dari McDonalds kearah Pancoran)

Thai Village, Sharks fin Restaurant
Sona Topas Tower, Lantai 21, Jl Jend. Sudirman Kav. 26

The Affair
Apartemen Permata Hijau, Jakarta

The Bedroom
Commercial Building , Lantai 4, Kemang

(U)

Ulliko
Jl Boulevard Raya QA 3 No.12, Kelapa Gading, Jakarta Utara

(W)

Warung Ayu
Taman Pura Aditya jaya,
Jl Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun, Jaktim

Warung Bakudapa
Bali Splash Area, Kemang, Jakarta

Warung Bu Bandung
Jl Cipinang Jaya 1B, belakang Hero, dekat pertigaan

Warung Daun
Jl Wolter Monginsidi No. 41,Jakarta

Warung Mbah Jingkrak
Jl Bulungan 26, Kebayoran, Jakarta Selatan

Warung Pojok Pak Tris
Jl Poso No. 1E RT 005 RW 004, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Warong Shanghai Blue 1920
Jl Kebon Sirih Raya No. 79, Jakarta Pusat

(V)

Vietopia
Jl Cikini, Jakarta Pusat

48DIMSUM Place Menteng

Baca Juga :

Wisata Kuliner Jakarta yang Buka 24 Jam, Tempat makan 24 jam di Jakarta dengan sajian kuliner yang beragam variasi rasa yang lezat dan nikmat.

Baik kita yang aktif tengah malam maupun yang terjaga di tengah malam karena perut lapar, rasanya sangat menyebalkan bila tidak menemukan makanan yang tersedia.

Jakarta penuh dengan tempat makan beberapa rumah makan mampu melewati ujian waktu dan bertahan hingga kini. Rasa yang lezat menjadi kunci utama yang di jajakan dan menjadi tempat wisata kuliner yang di buru pengunjung berbagai generasi.

Seiring berjalannya waktu dan kehidupan tengah malam di Kota Jakarta yang semakin ramai, kini banyak bertebaran tempat makan yang buka 24 jam di Jakarta mulai banyak bermunculan.

Bukan hanya makanan cepat saji dan cemilan yang menyediakan kuliner yang mudah di cari selama 24 jam, namun makanan berat yang baru di masak pun banyak dan mudah kita temukan di tempat wisata kuliner yang buka 24 jam di Jakarta.

Beberapa tempat wisata kuliner 24 jam Jakarta yang terkenal dengan keunikan sajian dan kelezatannya pun kini mudah di temukan. Berikut merupakan informasi tempat makan yang buka 24 jam dan terkenal di Jakarta.

Tempat wisata kuliner 24 jam yang berada di kawasan Radio Dalam Jakarta Selatan, salah satunya kita bisa menjumpai Restoran Pakistan Aneka Bubur 786. Di restoran ini kita bisa menemukan sajian menu kuliner beragam bubur seperti bubur ayam, bubur kacang hijau hingga bubur sumsum.

Selain bubur menu yang menjadi andalan tempat wisata kuliner yang buka 24 jam ini adalah menu masakan Pakistan, seperti lemasalad, lem briani, chiken tika, papadam, roti canai, nan, capati, dan lain sebagainya. Untuk mempertahankan cita rasa kulinernya restoran ini menggunakan bumbu-bumbu tradisional dari negeri asalnya.

Tempat wisata kuliner 24 jam yang berada di kawasan Tebet Jakarta Selatan yang terkenal adalah warteg warmo salah satunya. Warteg tau warung Tegal yang dikenal di tempat wisata kuliner Tebet yang satu ini dibuka sejak tahun 1971. Warteg yang satu ini merupakan warteg yang cukup terbilang istimewah, karena tempat makan warung yang buka 24 jam di Tebet ini kita bisa memilih menu kuliner yang bisa kita pilih hingga 60 menu masakannya, antara lain sate cumi, sate udang, berbagai macam olahan masakan ayam, daging sapi, ikan, tempe, tahu dan telor.

Untuk sayurannya pun cukup beragam seperti saur pare, capcay, tumis kangkung, tumis tauge dan tidak ketinggalan semur jengkol. Untuk menyediakan berbagai macam masakan menu yang disajikan selama 24 jam, warteg ini membagi waktu masak per harinya menjadi 4 kali yaitu pada pukul 5 pagi, 2 siang, 8 malam dan pukul 2 dini hari. Jadi makanan yang kita makan di warteg Warmo ini selalu baru.

Konon warteg ini mejadi salah satu warung nasi langganan bagi para artis, karena banyak artis yang tinggal di daerah Tebet yang suka makan di Warung mojok alias singkatan dari Warmo ini. Dan pada jam-jama makan tidak pernah sepi dari pengunjung yang memadati area warteg ini. Untuk harga makanan di warteg Warma tidak berbeda dengan warteg lainnya, cukup mengeluarkan Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,- sekali makan dengan menu pilihan perut kta bisa kenyang.

Tempat wisata kuliner 24 jam yang berada di daerah Fatmawati Jakarta Selatan yang terkenal salah satunya adalah Rumah Makan Indo Gaya Rasa. Rumah makan ini menyajikan cukup banyak menu pilihan kuliner, bukannya makanan barak tapi juga cemilan seperti makanan aneka martabak dari martabak manis dan juga martabak telor.

Untuk menu kuliner martabaknya di rumah makan ini kita bisa menemukan seperti martabak manis, martabak mete, martabak bluebary dan maratabak duren yang cukup terkenal dan dicari oleh para pencinta kuliner yang bertandang di rumah makan ini.

Sementara untuk martabak telorya kita bisa memilih jenis telornya dari telor ayam atau pun telor bebek dan martabak telor ayam jamur. Sedangkan untuk jenis makanan berat lainnya kita bisa memilih jenis makanan dari jenis Chinese food dan sea food.

Yang menjadi menu favorit di tempat wisata kuliner 24 jam Rumah Makan Indo Gaya Rasa Fatmawati jakata Selatan adalah ayam bakar pit yaitu ayam yang sebelum dibakar harus diungkep terlebih dahulu dengan taucho dan bumbu pendukung lainnya.

Tempat wisata kuiner 24 jam yang berada di kawasan wisata kuliner Pecenongan salah satunya adalah Restoran Kwang Tung, restoran ini berkonsep 24 jam dan berada di pusat Kota jakarta dan berdiri pada awal 2003. Restoran ini merupakan restoran spesialis makanan bubur, mulai bubur daging dan bubur sayuran tersedia di tempat ini.

Semua masakan bubur di masak dalam dapur terbuka yang bisa dilihat siapa saja, yang istimewah setiap bumbu racikan yang digunakan adalah bahan alami tanpa penyedap rasa instan dan porsi buburnya cukup besar untuk 3 -4 orang. Tidak hanya makanan bubur saja yang tersedia di restoran ini, untuk menu makanan lainnya di restoran ini juga menyediakan masakan ala Hongkong.

Menu-menu andalan dari restoran Kwang Tung ini juga terdiri temeo cah bawang putih, tahu spesial Kwang Tung, steam kerapu ala Hongong dan masih banyak lagi menu makanan lainnya yang ditawarkan kepada setiap pengunjung. Konon, beberpa bahan masakannya pun dipesan langsung dari Hongkong. Walau bahan dasarnya banyak yan dikirim dari Hongkong, untuk harganya pun masih terjangkau dengan kantong kita yang berkisaran harga Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 200.000,-.

Tempat wisata kuliner 24 jam yang berada di Kemayoran Jakarta Pusat dan ramai dikunjungi adalah ketan susu. Rasa gurih ketan dan kelapa muda yang ditambah manisnya susu kental menambah rasa baru dari makanan kentan tersebut.

Sebagai teman makanan ketan susu kita bisa menambah dengan gorengan tempe, pisang, singkong atau gorengan lainnya yang tersedia d warung ketan susu Kemayoran ini. Untuk melengkapi kenikmatan ketan susu dan gorengan kita juga bisa memesan teh poci yang di sediakan di warung ini.

Warung ketan susu yang berada di Kemayoran ini sudah ada sejak 1960, konon dari awal berdirinya warung ini sudah buka 24 jam. Karena yang lokasinya berdekatan dengan lapangan terbang Kemayoran dulunya, menjadikan tempat makan 24 jam ini di singgahi oleh para pilot yang pulang larut malam atau ingin mencari makanan dan sarapan, mampir ke warung ketan Garuda kemayoran ini.

Karena rasa makanan ketan susu yang lezat dan murah meriah harganya Rp. 3.000,- / porsi inilah yang membuat para pelanggan ke warung ini menjadi ketagihan dan terus berdatangan. Apalgi warung ketan ini di buka selama 24 jam yang menyajikan ketan susu hangat.

Dari berbagai tempat wisata kuliner 24 jam di Jakarta tersebut di atas merupakan tempat makan yang bisa di sambangi oleh kita setiap saat, apalg i bagi kita yang sedang kelaparan dan mencari cemilan malam hari setala pulang dari rutinitas pada saat di Jakarta.

Semoga informasi tempat wisata kuliner 24 jam di Jakarta ini bisa menjadi salah satu laternatif yang membantu bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata untuk menemukan rumah makan yang buka selama 24 jam dengan menu makanan yang masih segar dan hangat.

Baca Juga :

Wisata Kuliner Jakarta yang Seru di Malam Hari, Jakarta Bagi sebagian orang yang `terserang` rasa lapar di malam hari, mereka tidak akan mengindah hal tersebut karena tidak ingin berat badan bertambah. Anda menjadi bagian dari sebagian orang lainnya? Mari jajan dan mengunyah di malam hari!

Indahkan semua pemikiran akan ketakutan bertambahnya berat badan karena di ibu kota Indonesia tercinta ini tersedia tempat-tempat yang menyuguhkan makanan yang menggoda iman untuk mangkir dari kata diet.

Di mana sajakah tempat-tempat tersebut? Berikut ulasan yang dikutip dari internet :

1. Taman Menteng

Kuliner Taman Menteng

Tempat ini menyuguhkan banyak varian makanan mulai dari bubur, soto, dimsum, mie, hingga nasi goreng gila. Mampir ke Taman Menteng usai bekerja bersama teman atau keluarga menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan malam.

Taman Menteng berlokasi di Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Indonesia.

2. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy

Maknyus! Komentar para pencicip roti bakar manis dari tongkrongan anak muda yang sedang beken satu ini. Variasi toping dan cabang yang tersebar di banyak tempat juga menjadi salah satu keunggulan Roti Bakar Eddy. Selain berlokasi di area Blok M, yang merupakan cabang pertama dan yang paling terkenal, Roti Bakar Eddy kini juga memiliki cabang di Pondok Aren, Jakarta.

Belum pernah mencicipi Roti Bakar Eddy? Cobalah dan dijamin `endeus`!

3. Nasi Goreng Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Pasti bagi Anda yang tinggal di daerah Ibu Kota pernah mendengar tentang `Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih`. Terang saja, nasi goreng tersebut merupakan salah satu nasi goreng paling terkenal di Jakarta.

4. Dim-Sum Inc

Dim Sum Inc.

Dim-sum Inc berlokasi di Kemang Arcade, Lantai Ground, Jl. Kemang Raya, Kemang, Jakarta Indonesia. Restoran satu ini menyediakan berbagai macam menu, mulai dari siomay, hakau, chee cheong fun, hingga lo mai gai yang rasanya tidak membuat ketagihan.

5. Sate Sambas

Sate Sambas

Sate yang murni terbuat dari dada ayam ini tidak akan mengecewakan Anda. Dalam satu porsi terdapat 10 tusuk yang menandakan Anda telah mengkonsumsi sekitar 30 gram protein.

Bagi Anda yang takut dengan kenaikan berat badan atau rajin berolahraga, tak perlu ragu untuk mendatangi Sate Sambas ini. Sebab, dada ayam mengandung sedikit lemak dan lebih banyak protein.

Baca Juga :

8 Tempat Kuliner di Jakarta yang Beragam Menu Makananya, Saat ini anda tidak perlu lagi binggung untuk mencari makan enak dan murah di Jakarta, pasalnya sudah banyak sekali tempat wisata kuliner dengan berbagai macam menu masakan yang bisa kamu coba dalam satu kawasan. Mau tau apa saja tempat wisata kuliner murah di Jakarta dengan beragam menu makananya? Mari kita simak di bawah ini.

1. Kuliner Taman Menteng

Kuliner Taman Menteng

Anda pasti sudah tau sama tempat kuliner yang satu ini. Lokasinya dekat banget sama Taman Menteng. Tempat kuliner ini biasanya bakal rame banget kalau malam hari, di mana orang-orang bisa pesan berbagai menu makanan murah kayak sate padang, rujak, nasi goreng, sate ayam, dan masih banyak menu lainnya. Meskipun tempatnya ada di pinggir jalan, tempat wisata kuliner ini selalu ramai dan seru untuk nongkrong lama.

2. Kuliner Pecenongan

Kuliner Pecenongan

Tempat wisata kuliner selanjutnya ada di kawasan Pecenongan. Saking banyaknya kuliner yang tersedia seperti aneka seafood, nasi goreng, martabak, dan masih banyak jenis kuliner lainnya yang tersebar mulai dari ujung jalan, tempat ini sampai disebut sebagai “Kawasan Kuliner Pecenongan” lho guys! Tempat ini biasanya buka sampai malam bahkan dini hari, so kamu ngga perlu bingung lagi deh kalau kelaparan pas malam-malam.

3. Kuliner Sabang

Kuliner Sabang

Hmm, kalau kawasan kuliner yang satu ini sih pasti sudah ngga asing lagi ya di telinga masyarakat Jakarta. Gimana ngga, kawasan ini terkenal banget sebagai gudangnya makanan enak dan murah yang bisa kamu temuin dari ujung ke ujung. Lokasinya ada di kawasan Sabang dan hampir semua orang tau tempat ini. Di sini kamu bisa pilih berbagai menu murah dan enak kayak nasi goreng, nasi bebek, ayam goreng, sate ayam, sate padang, dan masih banyak jenis makanan murah lainnya yang dijual di warung kaki lima yang ada di sepanjang Jalan Sabang.

4. Kuliner Depan TMP Kalibata

Kuliner Depan TMP Kalibata

Di daerah Kalibata juga ada kawasan kuliner yang jual berbagai menu makanan kaki lima kayak pecel, pecel ayam & lele, nasi goreng, bakso, soto, dan makanan lainnya dengan harga murah. Lokasinya ada persis di seberang Taman Makam Pahlawan Kalibata.

5. Kuliner Depan RS.Fatmawati

Kuliner Depan RS.Fatmawati

Kalau kawasan kuliner yang satu ini lokasinya ada di komplek Kantor Pos Fatmawati, yang lokasinya tepat di depan Rumah Sakit Fatmawati Jakarta. Menu yang tersedia hampir sama kayak tempat wisata kuliner kaki lima pada umumnya, kayak bakso, sate, ayam, dan serunya juga di sini ada menu tahu campur khas Surabaya. So, kamu ngga perlu jauh-jauh ke Surabaya dulu kan? Hehe..

6. Kantin Binaan UKM Epicentrum Kuningan

Kantin Binaan UKM Epicentrum Kuningan

Nah, kalau yang satu ini adalah tempat makan yang jadi incerannya orang-orang yang kerja di seputaran Rasuna Said, Kuningan. Lokasinya ada di sebelah Gedung Nyi Ageng Serang. Kalau kamu ke sini, kamu bakal nemuin banyak warung makanan enak dan murah, kayak sop iga, ayam penyet, ayam bumbu bali, bakso, jus, es kacang merah, dan masih banyak lagi menu enak lainnya. Biasanya tempat ini bakal penuh banget pas jam makan siang, makanya jangan sampai kamu kehabisan tempat ya kalau ke sini!

7. Pujasera Blok S

Pujasera Blok S

Hampir sama dengan Kantin Binaan UKM, ada juga Pujasera Blok S yang punya banyak warung makan enak dan murah. Tempat ini juga selalu ramai, karena menunya yang banyak, rasanya enak, dan harganya yang murah. Mau coba?

8. Kawasan Kuliner Lesehan Blok M Square

Kawasan Kuliner Lesehan Blok M Square

Last but not least, ada warung lesehan Blok M Square. Tempat kuliner ini buka dari sore sampai jam 11 malam dan lokasinya ada di sepanjang emperan Blok M Square. Kamu bisa makan lesehan dengan menu rumahan yang enak banget sambil lesehan bareng temen-temen. Harganya pun terjangkau. Ngga cuma menu makanan rumah aja, ada juga sate ayam, sate padang, risoles, bakso malang, es campur, dan berbagai menu menarik lainnya. Cobain deh!

Baca Juga :

Rekomendasi Kuliner Kaki Lima Jakarta, Ada hasrat kepengen keluyuran ketika perut kasih kode lagi keroncongan. Bingung mau ke mana? Tak perlu panik. Di luar sana banyak pilihan lokasi kuliner yang tak sekadar untuk menambal perut kosong tapi juga jadi tempat refreshing.

Biar tak perlu tawaf keliling Jakarta demi cari lokasi kuliner yang enak dan nikmat, kenapa tidak menjajal daftar di bawah ini. Ketika sudah menemukan daftar rekomendasi kuliner kaki lima Jakarta ini, tak perlu lagi bereksperimen di tempat-tempat tertentu.

Masalahnya ada risikonya juga kalau salah pilih tempat. Apa itu? Kadang berasa sebal kalau mendapat makanan tak cocok di lidah, eh malah ditembak pas mau bayarnya. Dah banyak kejadian bukan! Paling kalau sudah kejadian cuma bisa menggerutu sambil berguman di dalam hati,”Enggak bakalan ada edisi ngulang makan di situ lagi!’

Nah di bawah ini ada lokasi kuliner yang unik. Sebagian ada yang berstatus kaki lima tapi rasanya tak kalah sama restoran bintang lima. Harga sebenarnya tak masalah selama cocok sama rasa dan sekiranya cukup dengan satu lembar 100ribu Rupiah.

Simak di bawah ini ya?

1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Bagi yang suka kelayapan cari makan, mungkin tempat makan satu ini sudah tak asing lagi. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih bukan sekadar tersohor akan kelezatannya, tapi lokasi kuliner ini terbilang sudah berumur. Mungkin bisa diusulkan ke Gubernur Ahok supaya masuk cagar budaya ya, hehehe.

Kalau lewat Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, selepas maghrib, coba deh buka kaca pintu mobil. Berani jamin bakal langsung mengendus aroma campuran kapulaga dan sereh yang bersumber dari tempat makan ini. Sulit menahan godaan enggak mampir. Apalagi ditambah desakan perut keroncongan.

‘Enggak pake lama!’ Ini enaknya mampir di sini. Tak sampai semenit pesanan sudah datang. Kok bisa? Ya karena si tukang gorengnya memasak secara massal. Tengok saja ke dalam di mana nasi dimasak di wajan berdimensi setengah meter.

Serius lezatnya. Nasi gorengnya dimasak pakai minyak samin jadi aromanya khas. Terus berhadapan dengan sepiring penuh nasi goreng dengan asap yang masih mengepul benar menggugah selera. Ada potongan kambing menyembul di antara nasi membuat pengen buru-buru mengunyah.

Racikan nasi goreng ini banyak yang suka. Hampir tiap hari selalu dipadati pengunjung. Bahkan makin malam makin ramai. Kadang ini bikin apes karena bisa-bisa parkir mobilnya rada jauh. Soal harga, entenglah. Seporsinya paling banter Rp 25 ribu. Tapi itu belum sama minumannya. Paling asyik sih ditemani es jeruk peres. Selain segar, jenis minuman ini bisa bantu nyuci minyak di mulut!

2. Mie Ayam Pangsit Pendi

Mie Ayam Pangsit Pendi

Tempat makan ini bakalan bikin takjub. Meski statusnya tempat makan kaki lima dan bermodalkan gerobak, tapi pengunjungnya datang dari kalangan atas. Jangan heran kalau melihat mobil mewah seperti Jaguar, BMW sampai Mercy parkir berjejer di depan gerobak. Ya, penikmat mie ayam satu ini datang dari kalangan berada.

Lokasinya terbilang tersembunyi, tepatnya di Jl Kerinci, Mayestik, Jakarta Selatan. Tepatnya di belakang SMP 11 dan SMP 19. Kalau tersasar tinggal tanya saja. Toh, mie ayam ini sudah termasyur dan lumayan lama mangkal di sana sejak tahun 1997. Mie ayam yang dikelola Pak Pandi ini buka sore hari di kisaran pukul 16.00 sampai malam. Tapi jangan kemalamam karena bakal kehabisan.

Kalau sudah mencicipi mie ayamnya bakalan ketagihan. Dahsyat banget enaknya. Yang unik dari mie ayam Pak Pendi ini adalah kuahnya yang bening dan jernih tapi berasa gurih. Daging ayamnya empuk dan berwarna putih. Sementara mienya kurus-kurus dan rada keriting. Terus ada tambahan kecap asin dan saos spesial. Kekhasan lainnya adalah ada daun bawang yang bisa diambil bebas sesuai selera.

Harganya? Jangan kaget kalau lumayan mahal. Bahkan bisa disebut mie ayam Pak Pendi ini paling mahal seantero Jakarta. Seporsinya bisa sampai Rp 30 ribu kalau pakai bakso. Meski kaki lima, soal rasa berani diadu. Dan harganya selevel sama restoran.

3. Sate Ayam & Kambing RSPP

Sate Ayam & Kambing RSPP

Tak jauh dari mie ayam Pak Pendi, ada satu lagi lokasi kuliner yang rekomen banget. Ya itu, sate ayam dan kambing RSPP. Kenapa disebut begitu? Habis lokasinya persis di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina di Jl Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sate ayam dan kambing yang dikelola Haji Romli dan Pak Muri ini benar-benar mantap di lidah. Meski pengunjungnya banyak, tapi cara pengolahannya tetap tradisional. Semua sate dibakar dengan kipas manual alias pakai tangan orang, bukan dengan kipas angin.

Ini sebenarnya senjatanya kenapa satenya terasa lezat. Pasalnya, semua bumbu akan meresap sempurna dan daging terbakar secara merata karena bara tetap menyala konstan kalau dikipasi pakai kipas yang terbuat dari bambu.

Bila diperhatikan seksama, yang jadi khas sate di sini adalah adanya potongan daging gemuk yang disatukan dengan kulit. Ini yang membuat lemak melumer ke seluruh permukaan sate. Di lidah berasa lembut, empuk, dan gurih.

Tinggal pilih saja bumbunya apakah dibenamkan di kecap manis atau bumbu kacang. Sedangkan level kepedasannya bisa diatur tergantung selera. Tiap porsnya terjangkau kok. Sate ayamnya plus lontong di kisaran Rp 20 ribu. Sedangkan sate kambingnya Rp 30 ribu per porsi.

4. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy

Menyebut roti bakar pastinya kurang afdol kalau tak geser ke Roti Bakar Eddy. Tempat makan tenda yang lokasinya tak jauh dari Masjid Al Azhar ini tak pernah sepi. Pengunjung selalu lalu lalang. Makanya, cari parkirnya lumayan rada sulit. Kalau lagi ramai bisa-bisa parkirnya di ujung dan harus jalan sampai 100 meter.

Tempat makan ini buka sejak selepas maghrib sampai subuh. Hebatnya, selama buka itu hampir semua tempat duduk yang tersedia selalu penuh. Kalau tak mau antre mungkin bisa geser ke cabangnya yang sudah tersebar di Jl Ciledug Raya, Jl Prapanca, Kemang, maupun Bintaro Sektor 9.

Sebenarnya yang membuat nyaman di sini adalah warungnya yang berkonsep outdoor. Selain itu, nama menunya unik-unik dan lucu. Bahkan menyerempet ke istilah otomotif.

Sebut saja roti bakar 2TG yang terinspirasi dari mesin mobil Jeep. Menu ini menyajikan roti bakar yang diselipi kornet, telur, dan keju. Lalu ada juga roti bakar burju alias bertaburan keju. Pas bagi yang senang dengan keju. Ada opsi lainnya selain roti bakar yakni pisang bakar, tape bakar, sampi bubur ayam.

Bila berniat mampir, siapkan saja kocek Rp 50 ribu. Sebenarnya mampir ke sini lebih untuk relaksasi ketimbang menguyah makanan.

5. Kedai Sandwich Bakar

Kedai Sandwich Bakar

Pilihan tempat nongkrong sambil nguyah adalah Kedai Sandwich Bakar. Berlokasi di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, lokasi kuliner ini juga tak pernah sepi. Apalagi ada fasilitas hotspot WiFi gratis membuat pengunjung makin betah di sini.

Sesuai nama maka jualan utamanya adalah sandwich dengan isi yang bervariasi. Cocok banget bagi yang cari alternatif makan yang mengenyangkan selain nasi.

Menu favoritnya adalah sandwich bakar isi smoked beef dan tuna crispy. Selain itu ada pula versi kornet, chicken teriyaki, chicken black pepper. Masih kurang juga? Bisa pilih yang pakai selai kacang atau coklat.

Asyiknya makan di sini adalah adanya pilihan ukuran sandwich. Jadi yang lagi diet atau program pengetatan makan bisa pilih yang berukurang paling kecil. Beda kasus kalau niatnya pengen makan beneran bisa ambil opsi ukurang besar.

Kedai yang buka sampai tengah malam ini juga menawarkan menu selain sandwich. Sebut saja steak, pasta, dan lain sebagainya. Buat budget mampir ke sini cukup Rp 100 ribu. Itu pun masih ada kembaliannya.

6. Kwetiau Akang

Kwetiau Akang

“Pasti Kwetiau Akang yah!” Rata-rata itu komentar orang kalau kita memajang foto makanan kwetiau di Path, Facebook, atau malah foto profil picture. Wajarlah mengingat lokasi kuliner di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat, ini sudah terkenal sejagad raya.

Dari namanya saja ketebak kalau menu andalannya adalah kwetiau. Tapi ada juga lho menu lain macam nasi siram yang khas rasa dan aromanya. Makanan yang identik dengan etnis Hokkian ini ternyata sesuai dengan lidah orang sini. Tempat makan ini bisa jadi opsi kalau sedang ngebet mencicipi masakan China.

Kwetiau yang merupakan sejenis mie putih terbuat dari beras ini dimasak berkuah. Nah, yang bikin Kwetiau Akang ini lebih spesial lagi karena bukan cuma pake daging sapi. Makanan ini juga dicampuri daging kepiting sehingga rasanya gurih-gurih sedep.

Selain itu ada pula menu bihun goreng yang bahan dasarnya bukan dari bihun pada umumnya tapi soun. Jadinya pas di dalam mulut berasa kenyal-kenyal gimana gitu. Per porsinya bisa ditebus Rp 30 ribu. Kalau nambah pasti budgetnya membengkak. Apalagi kalau ajak sohib-sohib.

Baca Juga :