Makanan Yang Cocok di Santap Saat Hujan

Makanan Yang Cocok di Santap Saat Hujan

Makanan Yang Cocok di Santap Saat Hujan – Berbagai makanan yang cocok saat hujan bisa kamu olah sendiri ataupun kamu beli.

Makanya biasanya saat masuk musim hujan, persediaan makanan di lemari pasti jadi banyak karena sebagai persediaan untuk memasak sewwaktu-waktu. Karena kamu bisa membuat beberapa makanan enak saat hujan yang paling mantap dinikmati ketika udara dingin.

Berbagai makanan yang cocok dinikmati saat hujan tiba biasanya merupakan makanan dalam keadaan madih panas, karena dapat mengahangatkan tubuh dan mengenyangkan. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa informasi mengenai makanan yang cocok saat hujan yang tentunya paling mantap deh untuk disantap, diantaranya adalah.

1. Mie Ayam

Mie Ayam
Merupakan Masakan indonesia yang terbuat dari Mie kuning yang direbus mendidih kemudian ditaburi saos kecap khusus berserta daging ayam dan sayuran. Mie Ayam ini terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit, maupun dengan jamur.

2. Bakso

Bakso
merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan indonesia. Bakso umunya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, Akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya bakso umumnya di sajikan dengan kua kaldu ayam maupun kaldu sapi dengan keadaan panas, yang biasanya dijual dengan gerobak yang berkeliling menjajarkan dagangannya

3. Ramen

Ramen
makanan yang berasal dari jepang yang rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan kedalam mangkuk yang berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu( umumnya dengan dasar kaldu babi. Pada umumnya Chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditabahkan diatas mi sebagai lauk atau penyedap

4. Soto

Soto
Merupakan makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan daging ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing.

5. Tomyam

Tomyam
merupakan sup yang besaral dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu masakan thailand yang terkanal di Thailand, TOm Yum biasanya dibuat dengan udang, ayam, ikan, atau makanan laut yang dicampur dna jamur.

6. Soup

Soup
merupakan masakan kuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari.

Pilihan Sate yang Menjadi Favorit di Jakarta, Siapa yang ngga kenal sama makanan khas Indonesia yang satu ini. Makanan yang merupakan potongan daging, bisa ayam, kambing, atau sapi yang ditusuk dan dibakar pakai arang ini banyak banget disukain sama orang-orang. Belum lagi kalau sudah disiram sambal kecap atau sambal kacang. Yup, apalagi kalau bukan sate. Buat kamu yang tinggal di Jakarta ngga perlu bingung mau makan sate enak di mana karena sekarang sudah banyak banget yang jualan. Makanya, sekarang kamu harus coba nih beberapa pilihan sate di Jakarta yang ngga bakal bikin kamu bete rekomendasi dari kami berikut ini! Selamat berpetualang mencari sate, guys!

1. Sate Jaya Agung

Sate Jaya Agung

Lokasinya ada di Sabang dekat lampu merah. Kamu bisa langsung nemuin tempat ini karena tempatnya lumayan besar dan asap yang mengepul juga keliatan banget. Sate ayam dan kambingnya mantap!

2. Sate Apjay

Sate Apjay

Di sini terkenal banget sama sate ayamnya yang enak banget kalau kata kebanyakan pengunjungnya. Tapi, sate kambingnya juga ngga kalah seru buat dicobain kok!

3. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon

Buat kamu penggemar sate padang, harus banget makan sate padang legendaris ini. Rasanya enak dan makin mantap kalau kamu makannya pakai kerupuk kulitnya juga.

4. Sate Solo Pak Agus

Sate Solo Pak Agus

Sate ayam dan kambing di sini murah dan rasanya enak karena bumbu dan sambalnya yang meresap. Cobain deh dijamin ngga bakal bikin kamu bete!

5. Sate Ayam Kambing RSPP

Sate Ayam Kambing RSPP

Sate kambing di sini juara banget lho guys! Dagingnya besar dan lemaknya juga ngga lebay. Mantep deh pas sudah matang apalagi pas disiram pakai sambal kacang yang gurih dan legit. Ugh!

6. HAOTE – Sate Maranggi

HAOTE – Sate Maranggi

Satu porsi Sate Maranggi di sini harganya 28K. Walaupun tempatnya ada di pinggir jalan dan agak mojok, tapi selalu ramai lho!

7. Pondok Sate Pak H. Heri

Pondok Sate Pak H. Heri

Sate ini terkenal banget di daerah Menteng dan sekitarnya. Satu porsinya dijual dengan harga 23K aja guys! Murah dan ngga bikin bete kan?

8. Sate Sambas

Sate Sambas

Lokasinya ada di kawasan Melawai. Buat kamu penyuka kulit ayam, sate ini pas banget nih. Atau kalau kamu mau sate campur (kulit dan daging) juga ada lho!

9. Sate Tegal Ibu Tri

Sate Tegal Ibu Tri

Sate ini disajikan di atas hotplate, jadi kamu bisa makan sate panas dari gigitan pertama sampai terakhir. Mantap kan?

10. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Lokasinya ada di Manggarai dan sate ini cocok banget buat kamu yang lagi kelaparan karena satu porsinya lumayan banyak. Pilihan dagingnya juga ada sapi, kambing, dan ayam. Mantep!

11. Sate Taichan Mpe

Sate Taichan Mpe

Sate dengan potongan daging dada ayam dan siraman sambelnya yang pedas ini harus banget kamu coba juga. Dijamin mau lagi dan lagi deh. Psst! Harganya juga murah meriah!

12. Sate Babi Johan

Sate Babi Johan

Kalau daritadi bahas sate ayam, kambing, dan sapi, beda lagi sama sate yang satu ini. Sate ini pakai daging babi dan konon rasanya enak banget karena dagingnya yang juicy dan kulitnya yang chewy. Hmm….

Baca Juga :

Restoran di Jakarta untuk yang Lapar Sehabis Kondangan, Pasti ada aja nih diantara kamu yang ngga sempat makan atau bahkan ngga kebagian jatah makanan pas lagi kondangan kan? Hal ini biasanya terjadi karena suasana kondangan yang rame banget dan kamu malas antri karena antriannya panjang banget. Kalau sudah gini, ngga cuma capek berdiri, kamu juga pasti bakal kelaperan banget setelah kondangan. Makanya, ngga jarang banyak orang bakal nyari tempat makan enak buat ngisi perut kosong mereka. Mau tau apa aja restoran di Jakarta buat kamu yang lapar sehabis kondangan? Yuk, simak artikel ini!

1. Pagi Sore

Pagi Sore

Banyak orang yang memutuskan buat makan nasi padang setelah selesai kondangan. Kenapa? Ya karena porsinya yang banyak dan menunya yang beraneka ragam. Salah satu warung makan Padang yang enak dan banyak dikunjungi di Jakarta adalah Rumah Makan Pagi Sore yang ada di kawasan Cipete ini. Tempat ini pas banget buat kamu datengin setelah kondangan, baik itu pas siang atau malam hari, karena tempatnya yang buka sampai malam banget.

2. Warteg Warmo

Warteg Warmo

Kamu juga bisa makan sepuasnya di sini kalau masih kelaparan setelah kondangan. Namanya juga warteg, pasti pilihan lauknya banyak banget dan harganya juga murah. Kamu mau nambah berapa kali pun tetap ngga akan bikin kamu bangkrut kok.

3. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Kalau selesai kondangannya malam hari, ngga perlu khawatir kalau masih laper karena masih ada Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang setia menunggumu. Di sini kamu bisa makan nasi goreng dengan bumbu khas dan potongan daging kambing yang lumayan banyak. Ada sate kambing juga lho, guys!

4. Sate Jaya Agung

Sate Jaya Agung

Kalau kondangannya di sekitaran Jakarta Pusat, kamu bisa ke warung sate yang satu ini. Lokasinya gampang banget ditemuin kok karena ada di kawasan kuliner Sabang. Cari aja yang banyak kepulan asapnya. Hehehe. Kamu bisa pesan sate ayam, kambing, sop, dan dengan potongan lontong yang bakal bikin kamu ngga lapar lagi setelah kondangan.

5. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet

Ada banyak banget cabang restoran Bebek Goreng Haji Slamet, salah satunya ada di Rawamangun. Cocok banget buat kamu yang ngga sempat makan pas kondangan. Daging bebeknya lembut dan ngga alot. Sambelnya juga pedas dan mantap. DIjamin puas!

6. Ta Wan

Ta Wan

Mau bubur setelah kondangan? Gampang, kamu bisa ke sini dan pesan bubur a la Taiwan-nya. Banyak juga menu pendamping lainnya yang bisa kamu coba, kayak ikan dori telur asin, tumis kailan, dan masih banyak lagi.

7. Beautika

Beautika

Masakan khas Manado juga pas banget mengobati perut laper kamu setelah kondangan. Kamu bisa pesan aneka makanan khas Manado kayak Ayam Woku, Tumis Daun Pepaya, dan masih banyak lagi makanan lainnya yang enak dan pedas. Lokasinya sendiri salah satunya ada di Senayan.

8. OTW Food Street

OTW Food Street

Nih, kalau kamu kelaparan berat setelah kondangan, coba deh ajakin partner kondangan kamu buat makan di sini dan pesan Long John Bread-nya. Menu ini sebenernya mirip hot dog, tapi punya panjang 30 cm. Kebayang ngga tuh gimana habisinnya? Haha. Makanya, menu ini pas banget kalau makannya bareng temen-temen kamu.

9. Blenger Burger

Blenger Burger

Selain Long John Bread tadi, kamu juga bisa makan burger yang porsinya lumayan besar dan harganya yang murah. Tempatnya ada di Blenger Burger. Seporsi burgernya bisa bikin kamu kenyang deh pokoknya!

10. Sushi Tei

Sushi Tei

Nah, kalau ini sih juga bisa banget kamu datengin setelah kondangan. Berbagai menu sushi, salad, dan makanan a la Jepang lainnya enak banget di sini. Jangan lupa ajak temen-temen kamu buat ke sini dan pesan menu yang banyak. Dijamin puas dan kenyang!

Buat kamu yang bingung mau makan apa dan di mana, coba deh pantengin terus jurnal kuliner yang ada di sini. Ngga cuma itu, kamu juga bisa booking restoran lewat kita lho, jadi kamu ngga perlu repot-repot buat antri lagi deh! Seru kan?

Baca Juga :

Aneka kuliner makanan dan minuman khas Betawi – Tanggal  22 Juni adalah hari  Lahirnya kota Jakarta. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.

Berbicara tentang rasa Aneka kuliner makanan dan minuman khas Betawi. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).

1. Kue RangiKue RangiIni juga makanan asli Betawi. Terbuat dari tepung beras (beras putih yang ditumbuk halus. Konon, jika memakai tepung beras yang sudah jadi hasilnya malah kurang enak) lalu adonan tepung beras tersebut dipanggang di atas cetakan berbentuk setengah lingkaran di atas api kecil. Setelah matang, kue diangkat dan dimakan dengan lelehan air gula merah yang berwarna coklat dan pekat. Rasanya gurih dan manis.

2. Kue TalamKue talamKue ini terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan santai dan gula lalu dikukus. Setelah jadi rada-rada lengket memang tapi enak banget. Nah, saya akan memberi tips cara memotong kue tersebut: yaitu dengan cara: bungkus pisau kita dengan plastik. Lalu potong deh kuenya. Dijamin deh insya Allah pisau tidak ikut lengket dan kuenya juga lebih mudah dipotongnya.

3. Kue Cente ManisKue Cente ManisKue yang dikukus dengan bahan yang terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula, dan bulir cente manis alias sagu mutiara yang sudah matang. Mereka dibungkus dalam bungkus plastik lalu dikukus.

4. Getuk Lindrigetuk lendriIni jenis makanan yang terbuat dari singkong yang diparut halus, dikukus setelah dicampur dengan gula, lalu dipotong-potong dengan pisau bergalur khusus. Disajikan dengan parutan kelapa yang sudah dikukus dan diberi garam. Getuk Lindri juga bisa ditemukan di beberapa daerah di Jawa. Bisa jadi, ini bukan asli Betawi tapi budaya kuliner Jawa yang dibawa oleh para migran ke BEtawi tempo dulu. Entahlah.

5. Roti GambangRoti GambangHayooo… sudah pernah dengar makanan ini belum? Ini makanan yang nyaris punah sebenarnya. Waktu saya kecil banyak dijual orang tapi sejak banyak orang betawi yang migrasi ke luar kota Jakarta, sudah jarang saya lihat warung-warung menjual makanan ini. Roti gambang sebenarnya sejenis dengan kue  bolu, hanya saja bedanya dia tidak memakai gula putih tapi memakai gula merah sebagai pemanis makanannya. Jadilah akhirnya warnannya coklat seperti gula merah.

6. Es Selendang MayangEs Selendang MayangAneka kuliner makanan dan minuman khas Betawi yang ke lima ini adalah Es Selendang Mayang dengan Warna merah yang dihasilkan oleh pewarna makanan di adonan tepung beras yag dicampur dengan air santan ini memang jika diperhatikan mirip dengan selendang yang melayang di atas awan. Mirip selendang para bidadari yang turun dari kahyangan dan selendangnya melayang-layang di atas awan. Itu sebabnya diberi nama selendang mayang.

Jadi, es itu penampakannya adalah: kue talam beras dengan bagian warna merah di atasnya dan bagian putih di bawahnya, dipotong tipis-tipis dengan pisau bambu (kenapa pisau bambu: karena biar bekas kue yang menempel di badan pisau tidak lengket dan mengeras. Kalo di pisau bambu lebih mudah membersihkannya, cukup direndam dengan air saja pisaunya, bersih deh. Tapi kalo pisau stenlis direndam di air, bisa-bisa jadi tumpul pisaunya). Setelah diiris tipis maka irisannya dimasukkan ke dalam santan cair yang sudah diberi sirup dan es batu. SLurruupp. mantap.

7. Bir BletokBir BletokJangan takut, meski namanya bir, tapi ini bukan bir beneran. Ini adalah minuman yang diaduk dengan es di dalam bambu hingga suaranya berisik (terdengar bletok-bletok gitu). Rasanya sendiri, manis dan sedikit pedas, mirip rasa bir (katanya). Akhirnya, diberi nama bir bletok.

Asal muasalnya, karena dahulu orang Belanda yang menjajah Betawi punya kegemaran minum bir jika sedang kumpul-kumpul di malam hari. Lalu, untuk menyenangkan hati mereka maka dibuatlah sebuah minuman yang memiliki fungsi yang sama dengan bir yaitu menghangatkan badan tapi versi tidak ada alkoholnya. Rasa hangat diperoleh dari jahe. MInuman ini diminum dengan gelas dari bambu. Nah, beraduya bambu dan es inilah yang menimbulkan suara bletok.

8. Kue cucurKue cucurKenapa namanya kue cucur? Hahaha. Lucu ya namanya. Usut punya usut dari pedagang kue cucur betawi, karena cara bikinnya dengan cara meneteskan dalam jumlah banyak adonan tersebut di atas loyang. Bahasa betawinya “ngocor”; tapi oleh para pendatang dihaluskan jadi “ngucur”, jadilah “cucur”. So simple hah? Kue sejenis ini juga terdapat di Tasikmalaya dan diakui sebagai bagian dari budaya khas Tasikmalaya.

Nah, itu artinya, kue cucur ini tidak murni dari Betawi sebenarnya. Tapi bagian dari budaya yang dibawa oleh para migran yang datang ke Betawi di masa yang lampau. Tapi, tetap kini sudah dianggap menjadi milik Betawi.

9. Kue cincinKue cincinHei…hei… ini kue jaman saya masih kecil dulu. Cara memakannya, yaitu dengan cara memasukkannya ke dalam jari seperti memakai cincin. Hahaha. Gak, ini khayalan kanak-kanak saya dahulu (saya dan teman-teman memang begitu cara memakan kue ini). Kue ini diberi nama kue cincin karna bentuknya yang mirip cincin. Bukan cincin emas yang ramping seperti sekarang tapi cincin yang dipakai oleh encim-encim China jaman dahulu di Betawi sini. Yaitu cincin dengan body tebal karena cincin ini terbuat dari batu giok dan sejenisnya.

10. Kue pancongKue pancongSebenarnya ini masih saudara kembarnya kue rangi. Karena memang bentuk dan bahan-bahan pembuatannya sama. Bedanya, kue rangi dimakan dengan saus gula merah cair yang disiram di atas kue, sedangkan kue pancong dimakan dengan taburan gula pasir yang ditaburi di atasnya.

Aneka kuliner makanan dan minuman khas Betawi ini sekarang sudah di kenal di seluruh indonesia, kita sebagai orang indonesia sepantasnya kita mengenali makanan khas asli indonesia, dan jangan sampai kita lupakan makanan yang bersejarah di daerah kita, makanan khas DKI jakarta ini tak kalah menariknya dengan kuliner-kuliner lainnya yang ada di Jakarta. Yuk, kita intip sebentar.

Kuliner Khas DKI Jakarta yang Terkenal – Banyak sekali makanan khas di jakarta yang harus kita cicipi, mulai dari makanan yang tradisional sampai kelas elite, makanan memang selalu di kembangkan oleh pecipta kuliner.

Sebagai kota metropolitan makanan DKI jakarta mempunyai ciri khas dengan makanan yang memiliki rasa yang gurih. nah berikut adalah Kuliner Khas DKI Jakarta yang terkenal yang harus anda coba jika berkunjung ke DKI jakarta, Makanan-makanan khas dari Betawi / Jakarta di antaranya adalah :

1.  Asinan JakartaAsinan JakartaAsinan yaitu sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni Masakan Indonesia, Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan ini hampir sama dengan rujak, perbedaan utamanya terletak pada bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar, Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Jakarta.

2. Ayam sampyokAyam sampyokAyam Sampyok merupakan hidangan unggulan betawi kota dengan sentuhan cita rasa cina  yang menyelimuti daging empuk ayam. Perlu diketahui, dua layer proses “pembumbuan” dilakukan untuk mendapatkan rasa lezat Ayam Sampyok ini. Sehingga sedap hingga ke dalam ayam terasa terus hingga akhir santapan.

3. Soto betawi Soto betawi Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang cukup terkenal di Jakarta, dalam soto ini terdapati campuran daging, jerohan sapi dan kuah santan kental yang menjadikanya rasa menjadi lebih terasa gurih dan nikmat. Meski sejak dahulu sudah ada berbagai varian Soto asli Betawi tetapi menurut catatan istilah soto betawi ini mulai di kenal.

4. Sayur Gabus Pucung Sayur Gabus Pucung Sayur Gabus Pucung yaitu makanan yang terbuat dari buah pucung atau keluwek, Karena di buat dengan buah pucung atau keluwek maka kuah dari Sayur Gabus Pucung berwarna gelap agak kehitaman seperti halnya. Walaupun berwarna gelap tapi kalau masalah rasa jangan di tanya apalagi di padukan dengan ikan gabus yang empuk. namun sekarang sayur gabus ini sulit di dapat di jakarta karna populasi ikan gabus sudah langka.

5.  Kerak telorkerak-telorKerak telor merupakan makanan khas yang terkenal di Jakarta, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir, kerak telur merupakan makanan indonesia yang sudah goo internasional.

Kuliner Khas DKI Jakarta yang terkenal ini sekarang sudah di kenal di seluruh indonesia, kita sebagai orang indonesia sepantasnya kita mengenali makanan khas asli indonesia, dan jangan sampai kita lupakan makanan yang bersejarah di daerah kita, makanan khas DKI jakarta ini tak kalah menariknya dengan kuliner-kuliner lainnya yang ada di Jakarta. Yuk, kita intip sebentar

Jika kalian keliling indonesia jangan lupa untuk mencicipi Makanan Indonesia yang ada di daerah2 yang anda tuju.